KPN Guru SD Kecamatan Batang Anai

Pinjaman Maksimal Rp150 Jt, Kekayaan Bersih Rp5,62 M


Kamis, 17 Maret 2016 - 04:06:14 WIB
Pinjaman Maksimal Rp150 Jt, Kekayaan Bersih Rp5,62 M

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman makin berkembang. Koperasi yang dibentuk 01 September 1991 ini awalnya beranggotakan 30 orang.

Pada akhir Desember 2015, anggotanya telah men­jadi  322 orang, dengan keka­yaan bersih mencapai Rp5,62 miliar. Koperasi ini juga telah memiliki kantor permanen berlantai dua, berukuran 8 x12 meter.

Baca Juga : Pocari Sweat Gelar Iven Lari Terbesar di Indonesia

Menjalankan unit usaha simpan pinjam, usaha per­tokoan dan unit usaha kerja sama pertokoan. Unit simpan pinjam tetap menjadi prima­dona,  sekaligus pemasok utama sisa hasil usaha (SHU). “Memang, unit simpan pin­jam usaha utama koperasi ini,” kata Mahyunar, Ketua KPN Guru SD Kecamatan Batang Anai di kantornya, Jl. Pasar Usang Kecamatan Ba­tang Anai, Senin (14/3).

Didampingi Wakil Sekre­taris Nof Mulia Zarni, Ben­dahara Zirnawati, Ketua Ba­dan Pengawas Elfa Refaliza, dan anggota Badan Pengawas Sufrizal, Mahyunar mence­rita­kan, kantor itu diba­ngun mulai 2015, dan ditem­pati awal 2016. Kantor ini juga digunakan untuk unit usaha pertokoan.

Baca Juga : Kedelai Mahal Pemicu Penjualan Tahu Tempe Turun 20 Persen

Semangat pengurus dan anggota untuk memajukan koperasi patut dipuji. Hal ini terlihat dari beberapa kepu­tusan yang diambil untuk memperkuat permodalan. Sejak terbentuk, koperasi ini telah menaikkan 12 kali sim­pa­nan wajib. Simpanan wajib terakhir tahun 2014 menjadi Rp100.000 dari Rp75.000. Simpanan pokok juga sudah dua kali dinaikkan, terakhir Rp100.000., berlaku hingga kini. Kemudian membuka simpanan sukarela, simpanan usaha, simpanan usaha khu­sus dan simpanan khusus.

Menariknya, honorarium pengurus sejak 1997 hingga kini tak pernah diambil lang­sung, tetapi dijadikan sim­panan sukarela. Total simpa­nan sukarela per Desember 2015 sebesar Rp126,8 juta, simpanan usaha sebesar Rp­142 juta lebih, dan simpanan usaha khusus Rp13 juta. Sim­panan sukarela diberi jasa 0,75 persen dari sisa simpa­nan tiap bulan.

Baca Juga : Hore! Pajak Mobil Baru 0% dan Beli Rumah Bebas PPN, Bunga Kredit Bank juga Bakal Turun?

Usaha yang dilakukan itu belum memenuhi kebutuhan anggota. Maka, pengurus me­ngambil pinjaman dari luar, antara lain dari PKP RI Sum­bar, BKE Jakarta, Bank Mua­malat pada 2006, dan BSM Lubuk Alung pada 2012. Terakhir hanya pada PKP RI Sumbar sebesar Rp800 juta pada 2014, dan BKE sebesar Rp524.300.000 pada 2015.

Dengan dukungan dana tersebut, koperasi ini mampu memberikan pinjaman mak­simal kepada anggotanya se­be­sar Rp150 juta. Selama tahun 2015 total dana yang dipinjamkan mencapai  Rp­7,46 miliar lebih kepada 154 orang anggota. Bunganya 12 persen per tahun, dilunasi dalam jangka waktu 100 bu­lan. Setiap anggota yang akan diberikan pinjaman mesti mendapat rekomendasi oleh kepala sekolah bersangkutan.

Baca Juga : PLN Sumbar 100% Siap Implementasikan Outage Management (OM)

Dilihat dari total pin­jaman yang dikucurkan itu, pinjaman pada Juni dan De­sember adalah permintaan tertinggi dari anggota. Hal ini, kata Mahyunar, sebagian be­sar pinjaman digunakan un­tuk kebutuhan pendidikan, karena bertepatan dengan tahun ajaran baru. “Di saat-saat seperti inilah terasa pen­tingnya menjadi anggota ko­perasi,” ucap Sufrizal.

Sementara unit usaha per­to­koan  yang menyediakan berbagai kebutuhan dan alat-alat tulis, nilai penjualannya selama 2015 tercatat sebesar Rp83 juta lebih dan diperoleh laba bersih Rp7,7 juta. Se­dangkan unit kerja sama, hasil kerja sama koperasi ini de­ngan pihak ketiga untuk me­me­nuhi kebutuhan anggota, antara lain dalam bentuk kebutuhan rumah tangga, barang-barang elektronik, dan lainnya. Koperasi mem­peroleh komisi sebesar 2 persen dari modal yang dita­nam­kan oleh koperasi pada pihak ketiga tersebut.

Selama tahun buku 2015, koperasi ini memperoleh pendapatan sebesar Rp997 juta lebih, sementara jumlah pengeluaran sebesar Rp738 juta lebih, maka diperoleh SHU sebesar Rp259,4 juta lebih.

Koperasi juga mem­beri­kan THR kepada anggota menjelang lebaran, uang su­ka-duka, dan beasiswa bagi anak-anak berprestasi, yaitu juara I, II dan III di kelas, mulai dari tingkat SD hingga SLTA. “Penerima beasiswa tahun 2015 tercatat sebanyak 45 orang,” imbuh Zirnawati. (h/rb)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]