Pemohon Santunan Kematian Menurun


Kamis, 17 Maret 2016 - 04:23:17 WIB
Pemohon Santunan Kematian Menurun

PADANG, HALUAN— Semenjak Januari hingga Maret 2016 ini, jumlah pemohon santunan kematian sebanyak 30 orang, sedangkan dana yang dicairkan sebanyak 29 pemohon.

Santunan kematian ada­lah salah satu program dari Pemerintah Kota Padang yang diharapkan mampu meringankan beban ma­syarakat yang tertimpa mu­sibah.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

Namun demikian pe­minat santunan kematian semakin tahun semakin ber­kurang. Salah satunya kare­na ada penam­bahan persya­ratan yakni surat keterangan miskin.

“Memang terjadi me­nyusutan per­mohonan. Na­mun menurut saya itu malah bagus. Karena santunan kematian ini ditujukan un­tuk masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

Berarti masyarakat kita sudah merasa malu jika dikatakan miskin,” ujar Ka­bag Kesra Pemko Padang Al Amin yang ditemui Haluan, kemarin (15/2).

Dikatakannya, awal-awal sejak dijala­nkannya program tersebut pada 2014, peminatnya cukup banyak. Tercatat lebih dari seribu pemohon yang me­ngajukan.

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

Namud dari 1.000 orang yang meng­ajukan itu, hanya 800 pemohon saja yang di­ka­bulkan oleh Pemko Pa­dang. Di tahun 2015 san­tunan kematian semakin menyusut menjadi 93 orang, dan dicairkan seluruhnya.

Al Amin menambahkan, sekarang untuk mengajukan santunan kematian tidak menghabiskan waktu se­minggu. Jika sya­ratnya leng­kap dalam kurun waktu tiga hari saja sudah bisa di­cair­kan.

Baca Juga : Ditinggal Pasangannya Mahyeldi, Hendri Septa: Selamat Bertugas Pak Gubernur!

“Pemohon harus me­leng­kapi syarat santunan kematian, tiga hari akan kami cairkan,”jelasnya lagi.

Syarat untuk menga­jukan santunan kematian tidak jauh berbeda dengan tahun sebe­lumnya. Surat keterangan kematian, surat keterangan miskin, KTP, KK dan surat kuasa atau ke­luarga yang mengurus.(h/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]