Klarifikasi Laporan Masyarakat

Komnas HAM Pusat Datangi Kemenkum HAM


Kamis, 17 Maret 2016 - 04:23:40 WIB
Komnas HAM Pusat Datangi Kemenkum HAM

PADANG, HALUAN — Ko­misi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Pusat yang diwakili oleh Ko­misionernya, Maneger Nasution, datangi Kantor Kemenkum HAM, Rabu (16/3).

Kedatangan Perwakilan Komnas HAM Pusat ini ter­kait dengan klarifikasi atas laporan masyarakat di Ka­bupaten Padang Pariaman ke Kantor Imigrasi Bukittinggi beberapa waktu lalu tentang adanya Warga Negara Asing datang.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

“Setelah kita selidiki, ter­nyata orang yang dilaporkan tersebut bukan orang asing seperti yang dilaporkan, me­lainkan dua Warga Ne­gara Indonesia (WNI) bernama Carroline Mon­tero dan Sandy Mon­­tero, yang ke­be­tulan memiliki nama seperti orang asing,” sebut Manager Na­su­tion, Komisioner bi­dang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Pusat, di dam­pingi Ketua Komnas HAM Sumbar, Sultanul kepada Haluan, Rabu (16/3) usai melakukan pertemuan dengan Ke­pala Kemenkum HAM Sumbar, Ansaruddin di Kantor Kemenkum HAM.

Untuk selanjutnya, sebut Manager Nasution lagi, klarifikasi ini akan disampaikan kepada orang yang melaporkan ini. Dalam pertemuan ini, dikatakan Manager lagi, juga dibahas menge­nai masalah Tom  Iljas (77) di Pessel.

Baca Juga : PLTU Teluk Sirih Disiapkan Pemko Padang untuk Ketersediaan Energi Listrik Bagi Investor

Dalam kasus ini, dari Imigrasi menemukan adanya dua permasalah. Per­tama mengenai izin tinggal Tom Iljas, yang seharusnya izin tinggal untuk turis, dan ditemukan peralatan yang dibawa harus memerlukan izin.

“Setelah diklarifikasi me­ngenai izin tinggal dan izin membawa peralatan dari Swe­dia, pihak Imigrasi sendiri telah mendeportasi Tom Iljas dari Indonesia. Ini nanti juga akan kami sampaikan ke­pihak yang mengadu. Setelah semua bukti kita dapatkan, Komnas HAM akan memberi rekomendasi. Hasil reko­mendasi ini nantinya akan kita buat dalam bentuk ter­tulis,” lanjut Manager Nasution.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Minggu 28 Februari 2021

Laporan masyarakat me­ngenai adanya Warga Negara Asing (WNA) tersebut di­masukkan oleh masyarakat melalui Komnas HAM Sum­bar dan ditembuskan ke Kom­nas HAM Pusat, di Jakarta. “Karena Komnas HAM Sumbar merupakan perpanjangan dari Komnas HAM Pusat, maka kita lang­sung melakukan klarifikasi ke Kemenkum HAM ini,” pungkasnya.

Senada itu, Kaknwil Ke­menkum HAM, An­sa­rud­din, menambahkan, pihak Ke­menkum HAM sendiri usai menerima laporan dari masyarakat mengenai adanya orang asing yang datang ke Sumbar ini.

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

“Kewajiban kami secara hukum memang harus menanyakan langsung kepada yang dilaporkan tersebut. Begitu ditanya kepada yang bersangkutan, ternyata yang diporkan ini adalah orang Indonesia, bukan orang asing seperti yang dilaporkan oleh masyarakat,” tambah An­sarudin.

Sebagaimana diketahui, Tom Iljas (77) adalah orang Minang dikirim mewakili Salido, dicabut hak ke­warga­negaarannya pada tahun 19­65. Ia di deportasi dari Indonesia saat karena disebut telah melanggar izin tinggal yang seharusnya izin tinggal untuk turis, dan ditemukan peralatan yang dibawa harus memerlukan izin.

Saat ini Tom Iljas bermukim di Swe­dia, dan memiliki kewar­ganegaraan Swedia. (h/hel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]