Rakerda Kwarda 03 Pramuka Sumbar

Pramuka Harus Punya Unit Usaha


Kamis, 17 Maret 2016 - 15:00:06 WIB
Pramuka Harus Punya Unit Usaha

PADANG, HALUAN—Se­bagai organisasi kepan­duan, maka Gerakan Pra­muka harus mampu me­merankan diri sesuai ama­nat UU No.12 tahun 2010 serta Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tang­ga (ART). Pra­muka itu harus dinamis seiring perkembangan za­man, se­hing­ga eksistensinya tetap diapresiasi dengan tinggi oleh masyarakat.

“Pramuka harus men­cermati keberlangsungan proses sosialisasi di ma­syarakat. Sebab kita me­rasakan bahwa sangat ter­batas pemahaman sebagian orang terhadap nilai-nilai luhur itu sehingga perso­alan sosial kemasyarakatan muncul silih berganti. Ini adalah tantangan bagi Pra­muka,” kata Ketua Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sum­bar, Muslim Kasim saat membuka Rakerda Pra­muka Sumbar 2016, Selasa malam (15/3) di Padang.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 25 Februari 2021

Selanjutnya, persoalan organisasi tak terlepas dari pendanaan. Sebagai orga­nisasi besar, Pramuka me­le­paskan sedikit demi se­dikit ketergantungan dana dari pemerintah. Salah satu upaya yang dapat dila­kukan adalah dengan mem­bangun unit-unit usa­ha bersama, meman­faatkan potensi yang ada.

“Anggaran kita sangat minim pemerintah, hanya 25 persen dari total yang dia­jukan. Tapi kita tak patah semangat, karena kita bisa membuat unit usaha untuk menambah sumber pen­da­patan,” te­rang Muslim di­dam­pingi Pengurus Kwarda 03 Pra­muka Sumbar dian­taranya Yuliarman (Anggota DP­RD Sumbar), Amrel Amir (Bank Nagari), Niz­wardi Azkha (Unand), Yu­lius dan lainnya.

Baca Juga : Pemko Padang Terima CSR Ambulance dan Mobil Operasional dari Bank Nagari Guna Tingkatkan Layanan Kesehatan

Muslim Kasim juga mengatakan, Gerakan Pra­muka memiliki peran stra­tegis dalam pembinaan dan pengembangan potensi ge­ne­rasi muda. Oleh sebab itu, pemberdayaan, pem­binaan dan pengembangan generasi muda perlu dia­rahkan dan berorientasi kewirausahaan. Ini salah satu usaha mengem­bang­kan jiwa enterpreneurship di kalangan generasi muda.

Menurut Ketua Pelak­sana, Nizwardi, Rakerda ber­langsung selama 2 hari, Selasa (15/3) dan Rabu (16) diikuti 145 peserta dari selu­ruh Kwarcab di Sumbar. (h/vie)

Baca Juga : Belajar Billing Sistem, Perumda AM Kota Padang Disambangi Direksi PDAM Muaro Tebo

 

 

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 24 Februari 2021

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]