Operasi Simpatik

Jaring Kendaraan Tanpa Surat Lengkap


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:14:13 WIB
Jaring Kendaraan Tanpa Surat Lengkap

PASAMAN, HALUAN —  Kepolisian Resort (Polres) Pa­saman, hingga per­te­nga­han Maret 2016 ini telah melakukan Operasi sim­patik. Operasi ini dilakukan guna menjadikan masya­rakat pengguna jalan, baik kendaraan pribadi ataupun angkutan umum mematuhi peraturan berlalulintas.

 Kasat Lantas Polres Pasaman, Iptu Fion Joni Hayes,  mengatakan, Ope­rasi simpatik ini juga bertu­juan untuk mengantisipasi jatuhnya korban kecelakaan selama berkendaraan di jalanan. “Targetnya semua yang melakukan pelang­garan akan ditindak untuk keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran,” ujarnya

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Dikatakan Fion, operasi ini dilakukan dengan cara terbuka yakni, melalui pen­didikan masyarakat terkait berlalu lintas, dan juga pe­nin­dakan tegas di lapa­ngan. 

Penindakan di lapangan yaitu dengan memberikan sanksi tilang bagi pengguna kendaraan yang melanggar aturan. Sanksi tilang dibe­rikan tergantung jenis pe­langgarannya. “Operasi Zeb­ra yang akan gelar nanti sebagai bentuk penyadaran pengendara dalam berlalu lintas yang baik dan tertib,” katanya. 

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Dirinya mengimbau ke­pa­da seluruh masyarakat pengguna jalan untuk dapat melengkapi semua surat-surat kendaraan seperti Surat Ijin Mengemudi, STNK dan tanda pengenal lainnya.

Selain itu, kelengkapan kendaraan seperti, kaca spion dan lampu kendaraan. Khusus sepeda motor, wajib menyalakan lampu pada pagi hingga malam hari. “Dengan adanya disiplin berkendara, tingkat pe­langgaran kendaraan akan semakin bisa ditekan dan masyarakat aman berken­dara,” ujarnya. 

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Dari operasi simpatik yang dilakukan pihaknya, sudah banyak yang terjaring berupa kendaraan sepeda motor yang tidak meleng­kapi surat-surat kendaraan antara lain tidak memiliki SIM dan STNK yang mati. (h/tos)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]