Perempuan Hebat untuk Keluarga Berkualitas


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:14:34 WIB
Perempuan Hebat untuk Keluarga Berkualitas

PASAMAN, HALUAN —  Bupati Pasaman Yusuf Lu­bis menyebutkan, untuk peningkatan keluarga mesti dimulai dari peningkatan kualitas hidup perempuan. 

Hal itu disampaikan Bupati Yusuf Lubis saat membuka acara penyuluhan peningkatan kualitas hidup perempuan, di lantai 3 kantor bupati, Kamis (17/3). “Mustahil generasi akan baik kualitasnya jika kaum perempuan sebagai ibunya, yang akan merawat dan membimbingnya, tidak mem­perbaiki kualitas diri­nya, oleh karena itu, di zaman ini, hidup perempuan sudah tidak tabu lagi untuk berkiprah lebih dari sekedar pengasuh anak,” ujar Yusuf Lubis. 

Baca Juga : BLK Agam Gelar Pelatihan Pembuatan Kue dan Roti

Ia menyebutkan, perem­puan kini telah banyak dia­komodir kepentingannya oleh pemerintahan, teru­tama dalam hal pemba­ngu­nan.

Saat ini, perempuan sudah dilibatkan dalam pe­rencanaan pembangunan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal ini membuktikan sudah adanya kesetaraan hak dan kewajiban antara perem­puan dengan laki-laki.

Baca Juga : Rusma Yul Anwar: Pembangunan Harus Terukur

Terkait kegiatan ter­se­but, Ketua Panitia Gus­hardriani Sundari menye­butkan, kegiatan tersebut menghadirkan organisasi-organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Pasaman. Peserta ada sekitar 38 orang, dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Yusnimar, Kepala Badan Pem­ber­da­yaan Perempuan dan Kelu­arga Berencana Pasaman, dengan materi menjadi ibu yang hebat dan Henny Luk­man dengan materi menjadi ibu Pasaman yang kreatif dan mandiri.

 “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kua­litas hidup perempuan dan meningkatkan krea­tivitas perempuan,” sebut Sun­dari. 

Baca Juga : PKKM Sumbar 2020, Sembilan Kepala Madrasah Agam Masuk 10 Besar

Yusnimar, menyebutkan perlunya orang tua (ibu) menjalin hubungan yang komunikatif, terbuka dan menjalin hubungan yang harmonis. Ketika anak-anak melakukan kesalahan, maka sebagai seorang remaja, harus diperlakukan layak­nya remaja.  

“Ibu harus mencari wak­tu yang tepat dan waktu yang sesuai tanpa gangguan, jangan menasehati anak dalam keadaan letih dan marah, hormati anak remaja dengan cara tidak mema­lukan dan merendahkan mereka, dan yakinkan kepa­da anak bahwa ibu dan ba­pak ingin membantu men­carikan solusi anak,” jelas Yusnimar.

Baca Juga : DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan

Sementara, Henny Luk­man dari Intan Trainning Centre Padang menye­but­kan, menjadi ibu yang krea­tif di dapur dengan menye­diakan menu makanan yang berkualitas dengan bentuk yang menarik.

Dengan demikian, kelu­arga akan senang menyan­tap hidangan yang disu­guhkan, selain itu juga nilai kesehatan (gizi) juga bagus. (h/col)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]