BPN Serahkan 24 Sertifikat Hak Pakai


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:17:29 WIB
BPN Serahkan 24 Sertifikat Hak Pakai Bupati Pasaman Yusuf Lubis menerima penyerahan sertifikat tanah pemda oleh Kepala BPN Lubuk Sikaping, Herjon Panggabean, Kamis, kemarin.

PASAMAN, HALUAN —  Ba­dan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasaman, menyerahkan 24 sertifikat hak pakai atas nama pe­merintah setempat. 

Penyerahan dilakukan oleh Kepala BPN Pasaman, Herjon Panggabean beserta sejumlah pejabat lainnya di ruang kerja kantor bupati Pasaman, Kamis (17/3) ke­marin. 

Baca Juga : Rusma Yul Anwar: Pembangunan Harus Terukur

Usai menerima sertifikat hak pakai untuk kantor ca­mat, lingkup dinas kese­hatan dan pendidikan terse­but, bupati kemudian me­nye­rahkan ke-24 sertifikat itu ke bidang pengelolaan aset Dinas Keuangan.

“Ini harap dikelola de­ngan baik, ini asset kita. Terima kasih kepda BPN. Ini akan kita simpan, dan akan menambah penilaian kinerja pemerintah daerah bagi oleh pemerintah pu­sat,” kata Bupati Yusuf Lubis.

Baca Juga : PKKM Sumbar 2020, Sembilan Kepala Madrasah Agam Masuk 10 Besar

Tahun ini, kata dia, ser­tifikat hak pakai yang dise­rahkan oleh BPN untuk bidang kesehatan untuk Pustu, tanah kantor ke­camatan, dan pendidikan. “BPN telah menyelesaikan legalisasi aset-aset Pemkab, untuk itu perlu kita ap­resiasi,” kata Bupati. 

Bupati meminta agar seluruh bidang tanah yang menjadi aset pemerintahan setempat segera memiliki sertifikat hak pakai, se­hingga pemkab memiliki alas hak yang jelas. “Ram­pungnya 24 sertifikat hak pakai itu, akan lebih tertib administrasi pertanahan,” katanya. 

Baca Juga : DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan

Kepala BPN Pasaman, Herjon Panggabean menga­takan, selain legalisasi aset pemkab, pihaknya juga me­nyerahkan prona sebanyak 1.200 bidang, untuk tahun 2016. “Tahun ini pertama kita serahkan di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol,” katanya. 

Sementara sertifikat hak pakai yang diserahkan oleh BPN, kata dia, untuk empat kecamatan, yakni Panti, Duokoto, Rao, Simpati. “Ini tahap ketiga. Tahap per­tama 28 bidang, Tahap dua sebanyak 9 bidang, total keseluruhan sudah sebanyak 75 bidang sejak 2015. Se­mentara terhadap bidang tanah lainnya masih dalam proses sertifikasi,” katanya. (h/col)

Baca Juga : Personel Polri dan ASN Polres Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]