Kepala Sekolah Harus Dorong Siswa Lebih Kreatif


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:21:05 WIB
Kepala Sekolah Harus Dorong Siswa Lebih Kreatif Siswi SMU N 2 Kota Solok menampilkan kebolehannya dengan membawakan tari pasambahan ketika berlangsungnya Festival band di sekolah setempat Sabtu lalu. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Ketua DPRD Kota Solok Yutriscan menjelaskan, kepala-kepala sekolah, baik SMP maupun SMA agar bisa mendorong siswanya dalam berkreatif di bidang seni, untuk mening­katkan keterampilan siswa dalam menyalurkan bakat dan minat masing-masing.

Pihak sekolah jangan ha­nya memotivasi siswa di bidang belajar secara utuh, melainkan harus ada pula kegiatan lain, baik bidang seni, olahraga maupun teater sehingga dari Kota Solok itu muncul pebakat-pebakat di bidang seni, jelas Yutriscan di SMA 2 Kota Solok beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Perlunya pihak sekolah mendorong siswa di bidang keterampilan sebagi bentuk mencegah munculnya ke­naka­lan remaja, sebab untuk dike­tahui saat ini, masuknya arus globalisasi bidang teknologi dan tingkat kecanduan akan narkoba makin merambah tata kehidupan masyarakat. Umumnya pelaku maupun korban dari penyalahgunaan obat terlarang adalah generasi muda yang masih bersekolah.

Kalangan siswa sangat rentan dan mudah terpe­nga­ruh danpak dari teknologi informasi maupun pemakaian Narkoba, salah satu langkan untuk menekan penyalah­gunaan Narkoba itu melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah. “Kita bukan berarti memotong jam-jam belajar siswa dengan alasan kegiatan ekstraku­rikuler, melainkan peru pe­nga­turan waktu.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Kemampuan siswa me­nam­bah keterampilan sektor seni itu bukan hanya men­cegah munculnya kenalakan remaja, melainkan juga untuk mengharumkan nama Kota Solok dipentas propinsi Su­matera Barat maupun na­sional. Belajar oke, dan pres­tasi yes, dengan demikian dalam suatu ajang perlom­baan, Kota Solok bisa ber­bicara ditingkat nasional.

Di beberapa daerah lain, lanjut ketua DPRD itu, ba­nyak sekolahnya yang muncul dipentas nasional bidang seni, teather maupun kegiatan lain­nya, sekolah makin terkenal dan nama daerah makin “ha­rum” karena prestasi seorang siswa dari dari sekolahnya. Oleh karenanya, kepala –kepala sekolah bisa mem­prakarsai kegiatan ekstra­kurikuler yang bermanfaat.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Jika suatu sekolah sudah me­mulai kegiatan tersebut, Pem­da Kota Solok dan DP­RD sepakat mengalokasikan ang­garan untuk mensuport ke­giatan tersebut, konsek­wen­si dari keinginan pim­pinan daerah tentu bersedia menga­lokasikan anggaran untuk suksesnya kegiatan ektra­kurikuler tersebut. (h/alf)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]