Fisik Atlet Tinju Masih Lemah


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:26:38 WIB
Fisik Atlet Tinju Masih Lemah

PADANG, HALUAN —  Tiga atlet tinju Su­matera Barat melakukan pertandingan ekse­bisi dalam Pekan Olahraga Beladiri Daerah (Pordida) yang diadakan oleh Dispora Sum­bar pada 14-17 Maret di gedung beladiri KONI Sumatera Barat. Terlihat stamina dan fisik atlet masih menjadi kendala.

Tiga atlet yang mela­kukan partai eksebisi ters­e­but adalah Evi Sasmita, Mif­tha Rifai dan Sutini. Ketiga atlet tersebut dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung Jawa Barat.

Baca Juga : Semen Padang FC Beri Kontrak Jangka Panjang Tiga Wonderkid

Evi Sasmita yang turun di kelas  bertanding me­lawan Lidia Gusti, Miftha Rifai melawan Halim dan Sutini melawan Elia No­vika. Dalam laga uji coba tersebut terlihat petinju yang akan turun di PON tersebut masih keteteran dalam hal stamina. Para petinju ter­sebut hanya mampu me­nun­jukkan permainan terbaik mereka di ronde pertama saja.

“Untuk teknik tidak ada ma­salah. Namun untuk sta­mina nampak sekali mereka sangat kurang dan itu perlu diperbaiki. Dengan adanya program fisik dari KONI Sumbar dengan men­da­tang­kan konsultan dari luar neg­e­ri, ­mudah-mudahan bisa mem­­bantu,”ungkap pelatih tin­ju Sumbar Sholeh, kema­rin.

Baca Juga : Seleksi Pertama Timnas U16 di Riau, 27 Peserta Dinyatakan Lolos

Hal senada juga di­ung­kapkan oleh Ketua Peng­prov Pertina Sumbar Togi Tobing kalau permasalahan fisik sa­ngat kentara terlihat dalam laga uji coba tersebut. “Ka­mi akan melakukan evaluasi terhadap hal itu,” beber Togi Tobing kemarin.

Persiapan untuk me­ngikuti PON sendiri Togi mengatakan kalau idealnya harus melakukan uji coba keluar negeri. Jika hanya melakukan uji coba dengan para petinju di Sumatera Barat tidak ada menemukan lawan yang sepadan untuk mereka.

Baca Juga : Tinggalkan Persija, Evan Dimas Berlabuh di Bhayangkara FC

“Kebanyakan lawan me­reka jika dari Sumbar masih dibawahnya. Jika mereka beruji coba bisa saja sang lawan yang takut duluan. Hal ini tentunya tidak bagus da­lam persiapan karena tidak mendapatkan lawan yang seimbang,”bebernya lagi.

Jika melakukan uji coba seputar daerah di Indonesia, Togi menjelaskan, bahwa daerah lawan akan bisa membaca kekuatan Sumbar nantinya. “Sebaiknya tentu keluar negeri.

Baca Juga : Duel NBA All-Star 2021: Tim LeBron Kalahkan Tim Durant 170-150

Akan bisa menambah pengalaman si atlet. Daerah lain sudah ada yang melakukan uji coba keluar negeri,”ungkapnya. (h/san)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]