Kuliah Umum Dirjen Kemendagri di IAIN


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:40:47 WIB
Kuliah Umum Dirjen Kemendagri di IAIN

TANAH DATAR, HALUAN — Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Rey­don­nyzar Moenekmemberikan kuliah umum di IAIN Batusangkar, dihadapan mahasiswa S1, S2 di Auditorium IAIN Batusangkar. Dirjen memberikan kuliahnya dengan tema Problematika, peluang dan tantangan fiskal Sumatera Barat, relasi pusat dan daerah bagi peningkatan sektor pendidikan.

Pada kuliah umum itu juga akan hadir Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang sekaligus membuka acara, bupati dan walikota se-Sumatera Barat juga akan hadir di kampus IAIN Batusangkar mengikuti kuliah umum tersebut.

Baca Juga : Usai Dilantik, Mahyeldi-Audy akan Tempati Rumah Dinas di Jalan Sudirman dan Raden Saleh

“Agenda itu digelar juga bertujuan sebagai ajang sosialisasi, silaturahmi bagi warga IAIN Batusangkar dengan kepala daerah se-Sumatera Barat yang sebagian besar baru dilantik dan seiring keluarnya Perpres nomor 147/2015 tentang peru­bahan alih status STAIN Batusangkar menjadi IAIN Batusangkar. Kami sekaligus ingin memperlihatkan bahwa selama ini civitas akademika cukup intensif dan empati terhadap kajian-kajian pem­ba­ngunan daerah dan pemberdayaan ma­syarakat,” ungkap Dr Kasmuri yang segerah akan dilantik menjadi Rektor IAIN Ba­tusangkar.

Kasmuri juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Tanah Datar Ir­dinansyah Tarmizi, yang mendukung penuh agenda itu. Ia juga mengucapkan teri­makasihnya kepada Gubernur Irwan Prayitno baik selaku Gubernur Sumatera Barat maupun secara pribadi yang tidak hanya kali ini saja memberikan dukungan pada IAIN Batusangkar, begitu juga dengan Bupati Irdinansyah Tarmizi, baik sewaktu masih menjabat wakil bupati dan saat ini sebagai bupati maupun selaku pribadi.

Baca Juga : Pertamina Kembangkan PLTP di Sungai Penuh Jambi, Kapasitas 55 MW

“Beliau berdua sangat aktif bersama tokoh Sumatera Barat lainnya seperti Ibu Mufida Yusuf Kalla, Fasli Djalal, Shadiq Pasadigoe, Masriadi Martunus, Sutan Taufik Thaib dan tokoh lainnya yang tidak tersebut namanya. Mereka adalah tokoh-tokoh dibalik layar, tentang perubahan alih status STAIN Batusangkar menjdi IAIN. Kami atas nama IAIN Batusangkar juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, media, baik media cetak maupun elektronik yang selama ini menjadi mitra yang tidak tergantikan dalam mensosialisasikan IAIN Batusangkar ke khalayak ramai,” sebutnya.

Dengan hadirnya Reydonnyzar Moenek dalam kuliah umum kali ini akan m­e­nambah wawasan civitas akademika IAIN Batusangkar tentang keuangan daerah. Bagi IAIN Batusangkar, ia juga sosok yang menentukan pada detik detik terakhir atas terealisasinya alih status IAIN Batusangkar, sewaktu menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Barat.

Baca Juga : Wali Kota Pariaman Berharap Musda LKAAM dan Bundo Kanduang Hasilkan Pimpinan Terbaik

“Beliau banyak mem­berikan inspirasi bagi kami dalam meng­hadapi kendala kendala dalam perjuangan alih status.Tema pada kuliah umum ini juga merupakan materi penting bagi para kepala daerah dalam menyusun anggaran daerah, terutama anggaran daerah tentang pen­didikan. Kami berharap dengan kuliah umum ini akan memberikan manfaat bagi kepala daerah se-Sumatera Barat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan alokasi anggaran yang memadai tanpa berbenturan dengan aturan hukum,” ung­kap Kasmuri. (h/fma)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]