PATEN Tingkatkan Kesadaran Warga Mengurus IMB


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:45:30 WIB
PATEN Tingkatkan Kesadaran Warga Mengurus IMB Warga sedang mengurus IMB di loket Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Lengayang. Kesadaran warga untuk memperoleh IMB semenjak ada PATEN semakin tinggi. (HARIDMAN)

PAINAN, HALUAN — Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), meningkatkan kesadaran warga mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) yang berfungsi untuk hunian. Warga tanpa biaya besar kini telah dapat mengantongi IMB.

Rusdi (55) warga Lengayang Kamis (17/3) mengatakan, dulu hanya warga pada kalangan tertentu saja yang dapat mengurus IMB, se­mentara warga berpenghasilan rendah tidak dapat mela­kukan pengurusan akibat ongkos ke Painan besar.”Ya, semenjak ada PATEN di Kantor Camat Lengayang kami dengan mudah dapat IMB,” katanya.

Selanjutnya, Pemkab Pesisir Selatan tar­getkan seluruh bangunan hunian atau rumah di daerah tersebut mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pihak yang telah diberi kewenangan mengeluarkan IMB diminta untuk me­ram­pungkan penerbitan surat tersebut.

Sekda Pessel Erizon mengatakan, kini daerah tersebut telah menerapkan pelayanan ad­mi­nistrasi terpadu kecamatan (PATEN) di seluruh kecamatan. Pelimpahan kewenangan tersebut telah tertuang dalam peraturan bupati Pessel No 62 Tahun 2015. “Substansi peraturan tersebut adalah pendelegasian sebagian ke­wenangan bupati kepada camat. Diantaranya pendelegasian bidang perizinan dan non perizinan,” katanya.

Disebutkannya, bidang perizinan yang dapat dibuat camat adalah izin mendirikan bangunan (IMB) dengan fungsi hunian kecuali pem­bangunan perumahan oleh pengembang. Camat juga dapat mengeluarkan izin tempat usaha kecil dan izin penelitian di kecamatan.

Selanjutnya bidang non perizinan tertumpu pada aspek rekomendasi, aspek koordinasi, aspek pembinaan, aspek pengawasan, fasilitasi, aspek penetapan dan aspek penyelenggaraan.

Menurutnya, seluruh kecamatan di Kabu­paten Pesisir Selatan telah memenuhi syarat administratif untuk memberlakukan pelimpahan wewenang bupati ke camat sesuai Pemendagri No 4 Tahun 2010 tentang pedoman pelayanan administrasi terpadu kecamatan. “Seluruh camat mengkoordinasikan dan mengendalikan pe­nyelenggaraan di kecamatan masing-masing. Kemudian mempertanggungjawabkan kinerja terkait kewenangan yang diberikan bupati ke camat,” katanya.

Disebutkannya, pelayanan administrasi terpadu adalah bentuk kepedulian pemerintah memberikan pelayanan terbaik ke ma­sya­rakat.”Maka kami mengimbau Pemkab Pessel mensosialisasikan kewenangan camat tersebut,” katanya. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]