Sejumlah Anggota Lapor ke DPRD

Kisruh di Kopanbapel Teluk Bayur


Jumat, 18 Maret 2016 - 03:54:12 WIB
Kisruh di Kopanbapel Teluk Bayur

PADANG, HALUAN — Sejumlah anggota Koperasi Angkutan Barang Pelabuhan (Ko­panbapel) Teluk Bayur Padang mendatangi Gedung  DPRD Kota Padang Kamis (17/3). Mereka menyampaikan,  banyak pel­ang­garan dilakukan pengurus Kopanbapel se­karang dan disinyalir terdapat kong­kalikong.

Pada kesempatan itu,  disampaikan terdapat 168 orang anggota yang Sya­frizal. Seperti diketahui,  seluruh anggota untuk masa jabatan pengurus yang seka­rang telah berakhir sejak 2013 lalu dan selama itu pula, Rapat Anggota Tahu­nan (RAT) tidak pernah lagi digelar.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

“Padahal, menurut atu­ran perkoperasian, rapat anggota harus digelar paling sedikit sekali setahun dan memberikan pertang­gung­jawaban paling lambat enam bulan setelah tahun buku lampau,” kata  juru bicara anggota Kopanbapel, Darlis Gua di hadapan Komisi II DPRD Kota Padang.

Ia mengatakan, harus­nya, dalam dua tahun saja tanpa RAT apalagi setelah ke­pengurusan habis, ke­pu­ngu­rusan sudah dapat digu­gurkan. Tidak cukup sam­pai di sana,  pengurus ma­lah melakukan penam­ba­han anggota yang diduga guna memperkuat duku­ngan pada pengurus seka­rang karena sebagian ang­gota lain tidak suka.

Baca Juga : Hari Ini, Pedagang Pasar Raya Melakukan Vaksinasi

Ia  menilai, pe­nam­ba­han anggota oleh pengurus yang telah kadarluasa itu tidak diperbolehkan lagi.

Mereka pun menuntut,  agar pengurus menuntaskan laporan dan audit yang telah menjadi catatan dalam ra­pat-rapat sebelumnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 04 Maret 2021

Ia  juga mem­per­ta­nya­kan,  kenapa Dinas Ko­pe­rasi dan UMKM Kota Pa­dang tidak mampu menun­taskan gonjang ganjing an­tara anggota dan pengurus padahal telah dijanjikan pada anggota yang mem­protes. Anggota Kopan­ba­pel merasa,  ada tindakan yang salah dari sikap Dinas Ko­pe­rasi dan UMKM Kota Padang.

Tindakan yang tidak semestinya. Bahkan, Kadis Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman disebut gagal memediasi. “Tiga tahun tanpa RAT dan tidak memberikan la­po­ran, masih sempat Ka­dis memberikan penghargaan,” jelasnya.

Baca Juga : Ini Tanggapan Hendri Septa soal Siapa Wakil Walikota yang Mendampinginya

Hearing disambut lang­sung,  oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti didampingi Se­kretaris Komisi II DPRD Kota Padang, Jumadi.

Hadir pula sejumlah anggota komisi II lainnya, seperti Amril Amin yang juga dari Dapil setempat, Elvi Amri, Hadison dan sejumlah anggota komisi lainnya.

“Kalau tidak ada ma­salah, tidak mungkin ang­gota sampai di sini. Anggota sudah tidak sinergi dengan pengurus,” ungkap Amril Amin.

Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Elvi Amri menilai, jika kondisi ini tidak baik akan ber­dampak pada per­e­ko­nomian Kota Padang.

“Pasalnya,  pelabuhan Teluk Bayur merupakan urat nadi lalu lintas barang. Penting,  bagi semua ka­langan memperbaiki per­soalan yang dialami oleh Kopanbapel,”ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman mengakui, Ko­pan­bapel Teluk Bayur ma­suk dalam daftar 10 besar koperasi beromset tertinggi dari 702 koperasi di Padang.

Ia  juga mengakui,  ter­dapat keterlambatan dari penyelenggaraan RAT Ko­pan­bapel Teluk Bayur. Na­mun,  persoalan itu bukan serta merta karena le­mah­nya pengawasan dari pi­haknya.

 Sebab, pihaknya telah berupaya melakukan me­diasi antarpihak.

Dinas juga tidak serta dapat melakukan pem­be­kuan begitu saja mengingat tidak sedikitnya omzet di masing-masing koperasi termasuk Kopanbapel.

“Tentu,  harus ada per­tanggungjawaban ad­mi­nis­trasi secara akuntabel. Se­mua transaksi,  jelas dan dapat diper­tan­ggung­jawab­kan,” ungkapnya.

Dari hearing  te­rung­kap, pengurus telah me­ren­canakan RAT 12 April men­­datang. Sebelumnya, telah digelar RAT pada Februari lalu, namun me­ngalami penundaan karena anggota meminta audit.

Terkait tudingan yang dilayangkan, pengurus me­nilai, laporan yang di­sam­paikan pihak yang me­la­kukan protes sudah mentah.

Sebab, RAT telah di­gelar Februari lalu. “Kami telah merencanakan RAT lanju­tan 12 April men­da­tang,” kata Ketua Ko­pan­bapel, Syafrizal didam­pingi sekre­tarisnya, Barliusni. (h/ade)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]