Warga Khawatir, Batu Berat 2 Ton Diledakkan


Jumat, 18 Maret 2016 - 04:06:51 WIB
Warga Khawatir, Batu Berat 2 Ton Diledakkan Tim gabungan BPBD&PK Kota Padang , Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang, FKSB , dengan Polresta Padang serta Sat Brimobda Polda Sumbar memasang dinamit di batu besar berdiameter 6 meter dengan berat sekitar dua ton di Bukit Karan, Teluk Bayur, Padang, Kamis (17/3). Batu tersebut dihancurkan karena membahayakan sejumlah warga yang tinggal di lereng bukit tersebut. (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN – Batu besar seberat dua ton di Bukit Karan, Kecamatan Padang Selatan diledakkan, Kamis (17/3) sore. Batu besar siap menggelinding dan dikhawatirkan menghantam permukiman warga.

Peledakan batu itu dilakukan BPBD&PK Kota Padang dibantu oleh pihak Kecamatan, Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang, FKSB Kota Padang, dibantu tim dari Polresta Padang serta Sat Brimobda Polda Sumbar. Batu dengan ukuran delapan meter tersebut memang sangat mem­bahayakan bagi 68 Kepala Keluarga (KK) yang menempati rumah di kawasan per­bukitan tersebut. Dari pantauan Haluan, batu tersebut hanya tinggal menunggu waktu untuk jatuh, karena hanya pohon kelapa yang sudah tua yang menjadi penyangga batu tersebut. “Untuk itu, kami meminta bantuan BPBD&PK Kota Padang dan instansi terkait untuk meledakkan batu tersebut,” kata Camat Padang Selatan, Fuji Astomi.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga merupakan Ketua RT 04 RW 06, Syamsuar kepada Haluan mengatakan, warga setempat  mendukung penghancuran batu tersebut. Juru ledak batu dari PT Semen Padang, Radianto mengatakan, peledakan batu menggunakan peledak dengan daya ledak yang berukuran 400 gram ditambah dengan satu kilogram anvo (nama untuk bahan peledak). (h/mg-adl)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]