Limapuluh Kota Raih Penghargaan


Jumat, 18 Maret 2016 - 14:00:38 WIB
Limapuluh Kota Raih Penghargaan RAIH PENGHARGAAN — Bupati Irfendi Arbi menyerahkan piagam penghargaan IIUN kepada sekolah dengan peringkat terbaik dalam pelaksanaan UN berintegritas dan jujur, Kamis (17/3). ZULKIFLI

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Sebanyak delapan SMP dan satu SMA di Kabupaten Limapuluh Kota, merebut predikat sekolah dengan Indeks Integritas Penyelenggaraan Ujian Nasional (IIUN) tertingi pada tahun 2015. Atas prestasi ini, sembilan sekolah tersebut menerima penghargaan dari Men­teri Pen­didikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

“Kita bangga sembilan sekolah mampu meraih pe­ng­hargaan dari Mendikbud RI, Anies Baswesdan. Pres­tasi kejujuran yang luar biasa ini harus terus ditingkatkan. Kalau kini IIUN diperoleh sembilan sekolah, tahun besok harus lebih banyak lagi,” ujar Bupati Lima­puluh Kota Irfendi Arbi, di hadapan para kepala SMP dan SMA se-Kabupaten Li­ma­puluh Kota dan Kadis Pendidikan Radimas di ruang pertemuan SMPN 1 Payakumbuh, Kamis (17/3).

Baca Juga : Masyarakat Campago Selatan Padang Pariaman Berharap Leonardy Fasilitasi Pengembangan Perekonomian

Menurut dia, peng­harga­an yang baru saja di­terima­nya itu membuktikan se­ko­lah di daerah ini jujur dan hebat. Sekolah yang sukses merebut penghargaan itu patut men­dapatkan per­hatian khusus dari Dinas Pendidikan da­erah, agar sekolah tersebut lebih ber­gairah mening­kat­kan ke­bo­lehan­nya di masa men­da­tang, sekaligus me­mo­tivasi sekolah lain untuk merebut prestasi serupa.

“Kita menyadari mem­pertahankan prestasi itu tidak gampang. Begitu juga dengan sekolah lainnya, diharapkan ikut mengejar pretasi serupa di tahun beri­kutnya,” tegasnya.

Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Gelar Silaturahmi

Irfendi juga me­ngingat­kan pihak sekolah untuk terus menanamkan dan  menumbuhkembangkan in­te­gritas, kejujuran budi pe­kerti terhadap siswa. Ia mengaku tidak ingin gene­rasi di daerah ini terbawa arus budaya barat yang ter­kadang tidak sesuai dengan norma dan etika masyarakat Limapuluh Kota. Sebab, pendidikan, integritas dan kejujuran sangat sesuai de­ngan visi dan misinya.

Dalam kesempatan itu Irfendi juga mengingatkan semua sekolah untuk me­lak­sanakan keterbukaan terhadap publik. Sebab, UU Nomor 14 tahun 2008 jelas mengamanatkan se­mua informasi publik wajib dibuka atau diinformasikan.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

“Terkait dengan ke­ter­bu­ka­an informasi publik tersebut, kita sudah pernah mendatangkan Komisi In­for­masi Provinsi Sumbar untuk memberikan so­siali­sasi ke tengah aparatur di daerah ini beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Keterbukaan itu, lan­jutn­ya bukan hanya terkait deng­an anggaran, namun juga soal aset. Untuk itu ia meminta setiap sekolah membuat kartu inventaris ruangan (KIR) nya. Ketika ada pe­meriksanaan aset, pihak se­kolah tidak ke­labakan. Be­gitu pula dalam pelasanaan ke­giat­an pem­bangunan, semua aparatur termasuk kalangan guru untuk bekerja sesuai aturan berlaku agar tidak be­ru­rusan dengan aparat hu­kum, ingatnya.

Baca Juga : Dishub Kabupaten Pessel: Odong Odong Agar Tidak Beroperasi di Jalan Utama

Kesembilan sekolah ya­ng meraih indek integritas yang tinggi itu antara lain SMPN 1 Kecamatan Harau, SMPN 5 Kapur IX, SMPN 5 Lareh Sago Halaban, MTS Al Mak­mur Tungkar, SMP­N 2 Paya­kum­buh, SMPN 4 Paya­kum­buh, MTS Koto Tangah dan SMPN 2 Mung­ka. Selain itu juga SMA­N 1 Gunuang Omeh. (h/zkf)

Bupati Irfendi Arbi menyerahkan piagam penghargaan IIUN kepada sekolah dengan peringkat terbaik dalam pelaksanaan UN berintegritas dan jujur, Kamis (17/3). (Zulkifli)

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]