Pelatihan Dasar Pengembangan Masyarakat PTSP

Berdayakan Masyarakat Melalui Forum Nagari


Jumat, 18 Maret 2016 - 14:20:17 WIB
Berdayakan Masyarakat Melalui Forum Nagari PEMBUKAAN pelatihan dasar pengembangan masyarakat di Balai Pusdiklat Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera - Padang, Kamis (17/3).

PADANG, HALUAN — ”Ja­ngan pernah berikan ikan tapi berikan pancingnya”, itulah sepenggal kalimat yang sering terucap ketika seseorang ingin membantu orang lain agar bisa hidup mandiri.

Demikian dipesankan Camat Pauh Wardas Tanjung saat pembukaan pelatihan dasar pengembangan ma­sya­rakat di Balai Pusdiklat Kesejahteraan Sosial Re­gional I Sumatera - Padang, Kamis (17/3).

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

Pelatihan itu diadakan oleh Corporate Social Res­ponsibility (CSR) PT Semen Padang kepada anggota Fo­rum Nagari Pampangan, Limau Manis Selatan dan Lambuang Bukik.

Pelatihan yang ber­lang­sung selama tiga hari terse­but, diikuti anggota Forum Nagari ditiga kelurahan yang baru terbentuk be­berapa waktu lalu.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

Ditambah anggota Fo­rum Nagari Lubuk Kila­ngan yang belum mengikuti pelatihan berjumlah 40 orang yang terdiri dari LPM, Tokoh Masyarakat dan Pe­me­rintah Daerah setempat.

Pada pembukaan kegi­atan selain dihadiri unsur pimpinan PT Semen Pa­dang, juga dihadiri Camat Pauh beserta Lurah se­tem­pat dan perwakilan Camat Lubuk Begalung.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

Menurut Camat Pauh sebagai perusahaan kebang­gaan masyarakat Sumbar, selama ini PT Semen Pa­dang melalui program CSR maupun LAZ sudah banyak memberikan bantuan ke­pada masyarakat.

“Kita tahu bersama, bah­wa telah banyak yang di­bantu oleh PT Semen Padang tapi hilang begitu saja karena sifatnya langsung ke warga dan tidak bisa dikontrol bersama,” ujar Wardas.

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

Dengan adanya Forum Nagari yang pengurusnya berada di tingkat kelurahan, menurutnya akan dapat mem­fasilitasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat beru­pa pemberdayaan yang akan meningkatkan kesejah­teraan masyarakat.

“Forum Nagari ini dapat membuat perubahan yang besar dalam pemberdayaan masyarakat dengan efek jangka panjang,” tambah Camat Pauh ini.

Manejemen PT Semen Padang yang diwakili Ke­pala Biro Humas PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis menyambut baik program CSR tersebut.

“Kita sangat men­du­kung terbentuknya Forum Nagari dan berjalannya program ini ditengah ma­sya­rakat. Semoga program ini bisa meningkatkan pe­r­e­konomian masyarakat. Ser­ta mampu menekan angk­a kemiskinan.

Kepala Biro CSR PT Se­men Padang, Dasril me­nga­takan, pelatihan yang digelar kali ini merupakan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan sebe­lumnya yang sudah dilakukan hingga terbentuknya pengurus Fo­rum Nagari.

Menurutnya, hal ini ber­tu­juan untuk memberikan pemahaman yang sama pa­da seluruh anggota Forum Nagari mengenai program-program yang akan di­siner­gikan dengan CSR Semen Padang. (*)

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]