Penerapan KIA, Sumbar Tunggu Arahan Pusat


Jumat, 18 Maret 2016 - 14:44:35 WIB
Penerapan KIA, Sumbar Tunggu Arahan Pusat

PADANG, HALUAN –  Pem­prov Sumbar masih me­nung­gu arahan dari pusat terkait penerapan Kartu Identitas Anak (KIA). Ta­hun ini baru dua daerah yang akan dija­dikan per­con­tohan KIA tersebut yaitu Kota Padang Panjang dan Kota Solok.

Kepalmenandatangani surat protes pada pengurus yang dipimpin oleh a Biro Pe­merintahan Setdaprov Sumbar, Mardi kepada Ha­luan kemarin me­ngatakan, belum ada arahan resmi dari Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) ten­tang penggunaan KIA ter­sebut. Saat ini baru pe­nunjukkan dua Kota di Sum­bar yang akan dijadikan daerah percontohan KIA.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

“Memang untuk per­con­tohan hanya akan dilakukan Kota Padang Panjang dan Kota Solok. Namun, tahun depan itu semua daerah sudah harus menerapkan KIA,”ung­kap Mardi.

Mardi juga belum me­ngetahui berapa anak di­setiap kota itu yang akan mendapat KIA tahap per­tama ini. “Untuk meka­nismenya kita juga belum tahu, padahal kita sudah lakukan kontak dan koor­dinasi dengan pusat. Tapi belum juga ada arahan,” ujarnya.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

Mulai tahun ini, setiap anak wajib memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). KIA selain sebagai kartu iden­titas juga dapat digunakan untuk pendaftaran sekolah, pendaftaran layanan ke­sehatan ke Pus­kesmas, pem­buatan dokumen ke­imi­grasian, hingga mencegah perdagangan anak.

KIA diberlakukan un­tuk anak usia 0 hingga 5 tahun, dan usia 5 sampai 17 tahun kurang sehari. La­yaknya KTP elektronik, KIA diurus di Kecamatan tem­pat tinggal masing-ma­sing, tanpa dipungut biaya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

Lebih lanjut dikatakan Mardi, KIA untuk ank de­ngan rentang umur 0 hingga 5 tahun tidak memakai foto anak. Sementara untuk anak genap berusia 5 tahun dilengkapi dengan foto. 

“Selanjutnya kalau su­dah mencapai usia 17, KIA bersangkutan diperbarui dengan KTP elektronik,” terangnya. (h/isr)

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]