KSU Durti Sejahtera

Rp1,6 Miliar Untuk Usaha Masyarakat


Sabtu, 19 Maret 2016 - 00:57:33 WIB
Rp1,6 Miliar Untuk Usaha Masyarakat KANTOR KSU Durti bersebelahan dengan Waserda.

Koperasi Serba Usaha Durian Tinggi (KSU Durti) Sejahtera telah berkembang pesat. Bahkan koperasi yang didirikan sejak 11 tahun lalu itu, berhasil meraih predikat membanggakan sebagai Koperasi Produsen Terbaik tingkat Kabupaten Pasaman.

Menurut Ketua KSU Durti Lubuk Sikaping, Nasrul, koperasi ini bermula dari koperasi simpan-pinjam, berupa sistem kacio (tabungan masyarakat). Kini badan usaha yang didirikan sejak 2004 lalu itu, mengembangkan sayap dengan bergerak pada Unit Usaha Waserda (warung serba ada).

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

“Persoalan modal menjadi faktor utama bagi koperasi untuk berkembang. Demikian halnya dengan KSU Durti Sejahtera. Sejak RAT tahun 2013 bersama anggota dikembangkan Waserda,” terang Nasrul.

Pada tahun 2014, koperasi memberanikan diri untuk meminjam kepada Lembaga Pengelola Dana Begulir (PPDB) sebesar Rp500 juta. Modal itu dialihkan untuk usaha dagang, seperti ada toko milik koperasi yang dibuka setiap hari.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

Tentu saja, keberhasilan koperasi ini tidak serta merta. Dalam menjalankan usaha selama itu, jatuh bangun tentu saja dirasakan. Seperti umumnya terjadi pada badan usaha yang bergerak pada simpan pinjam, ancaman utama adalah kredit macet. Selain itu, kesolidan, kreativitas dan inovasi pengurus juga sangat mempengaruhi dinamika usaha.

“Tentu ada juga anggota yang berhenti, mungkin berhentinya karena permintaan sendiri. Namun, demi jalannya koperasi ini, kami pengurus tidak mentolerir bagi mereka yang sudah keluar dari koperasi ini. Mereka tidak boleh lagi masuk jadi anggota,” ujar Nasrul.

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

Nasrul menyebutkan, pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2016, asset KSU Durti sudah mencapai Rp2,8 miliar. Kini Koperasi KSU Durti telah memiliki anggota sebanyak 262 orang.

Setiap anggota harus memenuhi kewajibannya untuk simpanan wajib, simpanan pokok dan simpanan suka rela.

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

Simpanan suka rela ini, menjadi program unggulan koperasi. Betapa tidak, kondisi tahun 2014, simpanan suka rela sangat besar mencapai Rp967,902 juta. Sedangkan simpanan pokok Rp20,275 juta dan simpanan wajib Rp113,191 juta.

“Simpanan suka rela ini dapat dijadikan sumber modal usaha koperasi. Bagi masyarakat yang ingin menyimpan dana di Koperasi Durti, maka pihak KSU Durti memberikan sistem bunga sekitar 6 persen,” terangnya.

Untuk anggotanya, KSU Durti memberikan kartu keanggotaan. Kartu ini sangat bermanfaat bagi anggota terutama setiap kali berbelanja di Waserda.

Ia menjelaskan, KSU Durti Sejahtera juga telah menyalurkan pinjaman kepada anggotanya demi melancarkan usaha para anggota. Ini dilakukan demi mendorong peningkatan kesejahteraan para anggota.

“Namun sebelum menyalurkan pinjaman, kami verifikasi dulu karena kami tidak ingin adanya kredit macet.

Syarat utama pinjaman adalah, adanya usaha yang dijalani oleh calon peminjam. Ini kami terapkan untuk memperkecil resiko kredit macet,” sebutnya.

Kini, sebesar Rp1,6 miliar dana telah berputar atas nama pinjaman masyarakat dengan resiko yang dihadapi sangat kecil. Dalam hal ini, peran pemerintah daerah sangat penting untuk melakukan pembinaan koperasi agar koperasi tidak stagnan dan mati suri.

“Koperasi kita ini sudah pernah mengikuti pelatihan yang difasilitasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Pasaman, yang kemudian koperasi mendapatkan pinjaman lunak,” ungkapnya.

Pengurus berupaya maksimal untuk mengelolah koperasi secara sehat dan transparan. Itu sudah komitmen pengurus dalam melakukan pengabdian kepada anggota dan masyarakat Durti. Untuk meningkatkan profesionalisme dalam mengelolah koperasi, pengurus juga mengirimkan anggota untuk dilatih dalam mengelolah usaha dan pembukuan koperasi. Termasuk tren saat ini, koperasi mengirim tenaga untuk dilatih sebagai tenaga koperasi syariah.

“Dengan niat yang baik, maka pengurus sendiri kini telah memiliki honor sendiri, walaupun kecil tapi telah dirasakan oleh para pengurusnya. Bahkan dua karyawan yang mengelola waserda juga diberikan honorium yang besarnya Rp800.000 setiap bulannya,” pungkas Nasrul mengakhiri. (h*).

 

Laporan : ICOL DIANTO/ ATOS

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]