RSUD Tipe C Pekanbaru

Pembangunan Fisik Segera Rampung


Sabtu, 19 Maret 2016 - 03:48:33 WIB
Pembangunan Fisik Segera Rampung

PEKANBARU, HALUAN — Pembangunan fisik Rumah Sakit Umum Daerah tipe C milik Pemerintah Kota Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti diperkirakan bulan Desember tahun ini segera rampung.

Saat ini kondisi fisik diketahui sudah 50 persen dan struktur bangunan men­capai 100 persen, terus di­gesa untuk pengerjaan ar­sitektur dan juga mekanikal elektrik.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

“Kita perkirakan meli­hat kondisi saat ini, pemba­ngunan fisik bisa selesai bulan Desember ini, untuk fisik sudah 50 persen, se­dangkan struktur sudah men­capai 100 persen,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pe­layanan Pembangunan Ke­sehatan Dinas Kesehatan Pemko Pekanbaru Rahmad, kemarin.

Dijelaskannya, meski kerja sama pembangunan RS dengan pihak ketiga berakhir pada Desember tahun ini namun diharapkan di bulan Oktober fisik ru­mah sakit sudah tuntas se­luruhnya.

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

Hal itu akan diupayakan walaupun untuk operasional belum bisa dilakukan lan­taran harus dilengkapi da­hulu dengan peralatan me­dis pendukung dan juga tenaga, yang kemungkinan akan dipenuhi pada tahun 2017 mendatang.

Lebih menariknya, kata Rahmad, untuk pem­ba­ngu­nan RS tersebut nilai kerja­sama yang dilakukan de­ngan pihak ketiga dibawah pagu anggaran atau hanya 80 miliar lebih dari total pagu anggaran sebesar Rp­90 miliar. Artinya diper­kirakan ada kelebihan ang­garan mencapai sekitar Rp9 miliar.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Sumbar Butuh Kepedulian Semua Elemen

“Memang benar ada sisa anggaran pembangunan se­nilai 9, hal ini merupakan salah satu bentuk penerapan 3 E yang diarahkan walikota dalam pelaksanaan kegiatan yaitu efisiensi, elegan dan ekonomis. Karena sisa dana yang ada bisa dialihkan untuk keperluan lain bagi kesempurnaan rumah sakit tanpa harus mencari sumber dana lain,”terangnya.

Rumah sakit dibangun dengan konsep Green Hos­pital yang ramah lingku­ngan, bertujuan agar men­jadi rujukan daerah dari seluruh Puskesmas se-kota Pekanbaru. Karena selama ini rumah sakit umum dae­rah (RSUD) Arifin Ahmad dijadikan sebagai rujukan oleh seluruh Puskesmas daerah, rumah sakit swasta dan klinik yang ada di Kota Pekanbaru.(her)

Baca Juga : Emersia Water Park Siap Ramaikan Pariwisata Tanah Datar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]