Lahirkan Pemimpin Individual

Calon Indenpenden Dibayangi Monster Politik


Sabtu, 19 Maret 2016 - 03:51:16 WIB
Calon Indenpenden Dibayangi Monster Politik

JAKARTA, HALUAN — Pengamat politik Guspiabri Sumiwegono mengatakan, calon kepala daerah melalui jalur calon perseorangan adalah figur pemimpin individual atau one man show. Karena menurutnya, pemimpin individual tidak membangun sistem dan tidak terbiasa dengan semangat kolektif kolegial masyarakat. 

Calon independen, kata dia, akan mengembangkan kultus individu pada se­orang figur. “Ini juga salah satu bentuk penyakit de­mokrasi yang merusak di­sam­ping melembagakan opor­­tunisme dan prag­matisme politik,” katanya, Jumat (18/3).

Baca Juga : Antisipasi Varian Virus Corona Baru, Ini Pesan Penting Kapolri

Guspiabri mengatakan, masyarakat awam juga harus teliti dan berhati-hati terha­dap hadirnya monster po­litik yang bersembunyi di belakang calon-calon per­se­orangan yang biasanya ber­label relawan. Beberapa grup relawan hanyalah ke­dok sebuah kelompok ke­pen­tingan yang perilaku politiknya sama dengan kelompok kepentingan lain­nya dalam sistem politik. 

“Mereka juga tran­sak­sional,” katanya. 

Baca Juga : KKP Jamin Kemudahan Usaha Perikanan Tangkap

Guspiabri mengatakan, ini terbukti dengan ako­modasi politik yang diberi­kan pada kelompok relawan Joko Widodo. Di samping ada pos di Kabinet, banyak juga yang menjadi komisaris BUMN bergaji ratusan juta rupiah. “Data lengkapnya ada di Menteri BUMN,” katanya.

Menurut Guspiabri, ako­modasi itu bahkan sam­pai tingkat pembuatan ba­dan baru pemerintah. Se­perti Badan Ekonomi Krea­tif yang dijejali unsur rela­wan. “Kinerjanya? Banyak kalangan menilai Bekraf bukan lembaga yang patut dipuji kinerjanya,” katanya. (h/rol)

Baca Juga : Jangan Main-main dengan Vaksin Covid-19, Ini Ultimatum Mabes Polri

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 23:39:14 WIB

    Antisipasi Varian Virus Corona Baru, Ini Pesan Penting Kapolri

    Antisipasi Varian Virus Corona Baru, Ini Pesan Penting Kapolri Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Polri dalam menanggulangi serta melakukan antisipasi terhadap kehadiran virus corona dengan varian baru, virus corona B117..
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 23:13:07 WIB

    KKP Jamin Kemudahan Usaha Perikanan Tangkap

    KKP Jamin Kemudahan Usaha Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjamin terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan di Bidang Kelautan dan Perikanan membawa kemudahan berusaha salah satunya perizinan perikanan t.
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 21:01:01 WIB

    Jangan Main-main dengan Vaksin Covid-19, Ini Ultimatum Mabes Polri

    Jangan Main-main dengan Vaksin Covid-19, Ini Ultimatum Mabes Polri Kepolisian Negara Republik Indonesia terus melakukan upaya-upaya untuk mencegah adanya vaksin palsu maupun penyalahgunaan vaksin Covid-19 di Indonesia..
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 20:52:12 WIB

    Awas Tertipu! Ini Daftar 28 Investasi Bodong yang 'Disikat' OJK

    Awas Tertipu! Ini Daftar 28 Investasi Bodong yang 'Disikat' OJK Satgas Waspada Investasi (SWI) telah merilis daftar aplikasi, usaha gadai, dan entitas ilegal atau investasi bodong yang berpotensi merugikan masyarakat. Terbaru, SWI yang terdiri dari 13 kementerian dan lembaga, telah memb.
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 20:37:10 WIB

    Kabar Baik! Kementan Berikan Pendampingan Intensif Bagi Petani

    Kabar Baik! Kementan Berikan Pendampingan Intensif Bagi Petani Guna memperkuat ketahanan pangan nasional, pemerintah mengembangkan kawasan lumbung pangan atau food estate di tiga provinsi, yaitu Kalimantan Tengah, Sumatra Utara, dan Nusa Tenggara Timur..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]