Harga Pinang Anjlok, Petani Enggan Panen


Sabtu, 19 Maret 2016 - 04:11:50 WIB
Harga Pinang Anjlok, Petani Enggan Panen Ujang Aciak (53), warga Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai Pessel, Jumat (18/3), mengumpulkan buah pinang yang sudah dikeringan untuk dipasarkan. Saat ini harga jual pinang ke pedagang pengumpul anjlok, yakni Rp10 ribu per kg. (M JONI)

PAINAN, HALUAN — Para petani Pinang di Pessel mulai mengeluh akibat anjloknya harga pinang di pasaran. Saat ini, harga jual pinang ke pedagang pengumpul sebesar Rp10 ribu per kg, dari harga sebelumnya mencapai harga Rp16 ribu per kg.

Menurut Asniwati (45), petani pinang warga Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, harga jual pinang  tidak sesuai dengan usaha  yang dilakukannya, karena buah pinang dikupas dan dike­ringkan untuk mendapatkan biji yang berkualitas. Setelah dikeringkan, pinang dijual kepada pedagang pengumpul.

Baca Juga : Pasokan Turun, Harga Cabai Merah Melambung di Padang

Murahnya harga pinang mem­buat sebagian petani eng­gan memanen pinang, bah­kan sebagian para petani  me­nunggu harga jual yang layak di pasaran.

Masyarakat  petani meng­­­ha­rapkan agar harga jual pi­nang di pasaran terus merang­kak naik, karena ha­sil ko­mo­ditas ini merupakan tulang pung­gung ekonomi keluar­ga.

Baca Juga : Emas Antam Turun Rp5.000, Jadi Rp 918 Ribu per Gram

“Dalam kondisi yang sulit dan kebutuhan keluarga yang te­rus meningkat seperti seka­rang, murah harga pinang se­perti sekarang ini tidak layak. Kami mengharapkan harga pinang naik lagi agar kami bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, setidaknya meng­hindari masyarakat dari jeba­kan piutang kepada pihak lain,” tutur Asniwati.   

Sementara itu, Masri (47), pe­dagang pengumpul di Pasar Sa­go, Kecamatan IV Jurai me­ngakui bahwa harga pi­nang anjlok di pasaran sejak be­berapa minggu belakangan. Mu­rahnya harga pinang mem­­buat para pedagang  su­lit mendapatkan  daga­ngan, akibat paso­kan pinang  jauh berkurang, apalagi ba­nyak petani pinang yang  ber­hen­ti memanen  buah pi­nang.

Baca Juga : Pasar Keuangan Indonesia Merah Membara: Rupiah Keok, IHSG Rontok, Emas Pegadaian Merosot

“Kondisi ini jelas sangat memengaruhi harga pasar,” sebutnya. (h/mjn)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]