Pengurus LKAAM Silaturahmi dengan Bupati


Sabtu, 19 Maret 2016 - 04:15:29 WIB
Pengurus LKAAM Silaturahmi  dengan Bupati

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Lem­baga Kerapatan Adat Alam Mi­nangkabau (LKAAM) Kabupaten Limapuluh Kota, kian dirasakan perannya dalam mengem­balikan Pe­me­rintahan Desa ke Pemerin­tahan Nagari, selain sebagai organisasi yang mewadahi ninik mamak dan pemuka adat.

“Organisasi ini merupakan wadah penyaluran aspirasi komunitas adat dalam hubungannya dengan peles­tarian nilai-nilai adat dalam masya­rakat,” ungkap Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, ketika menerima pengurus LKAAM setempat di ruang kerjanya Kantor Bupati Bukik Limau Sarilamak, kemarin.

Baca Juga : Waspada Angin Kencang 30 Knot Sampai Besok, dari Perairan Mentawai hingga Bengkulu

Rombongan yang dipimpin Ketua LKA­AM H.Abdul Aziz Gindo Malano ini berharap kepada Pemkab Lima­puluh Kota, untuk dapat menge­depankan adat dan budaya dalam pengambilan kebijakan. Menerapkan Hukum Adat dan Undang-undang Adat Minangkabau sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan ketentuan yang lebih tinggi.

Ketua LKAAM, H.Abdul Aziz Gindo Malano, dalam kesempatan pertemuan berharap kepada bupati agar dapat mem­bantu keberangkatan 100 orang pengurus yang terdiri dari Ketua LKAAM kabupaten, kecamatan dan ditambah ketua KAN, untuk mengikuti Mubes LKAAM Sumbar.

Baca Juga : Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM

Selain itu sekaitan dengan kantor LKAAM, Bundo Kanduang dan MUI yang lama tidak layak lagi, karena sudah dimakan usia, perlu bantuan dana untuk me­reno­vasinya. Pemkab diharapkan juga mampu menge­depan­kan adat dan budaya dalam setiap pengambilan kebijakan.

Aspirasi yang disampaikan pengu­rus LKAAM itu, ditangapi langsung oleh bupati Irfendi Arbi dengan bantuan 3 mobil untuk keberangkatan pengurus yang akan me­ngikuti Mubes LKAAM Sumbar di Padang. (h/zkf)

Baca Juga : Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]