IP Bergelar Tuanku Paduko Marajo Basa


Senin, 21 Maret 2016 - 03:47:04 WIB
IP Bergelar Tuanku Paduko Marajo Basa

Gubernur Su­ma­tera Barat, Ir­wan Prayitno Da­tuak Rajo Ban­daro Basa, resmi menyandang gelar Sangsako Adat/ Derjah Kebesaran Kerabat sebagai “Tuanku Paduko Marajo Ba­sa”. Prosesi adat itu dilangs­ungkan di Rumah Gadang Tuan Gadih Pagaruyung Ista­na Si Linduang Bulan, Tanah Datar, Minggu (20/3).

Selain kepada Irwan Pra­yitno, gelar Sangsako Adat/ Derjah Kebesaran Kerabat juga diberikan kepada isteri gubernur Ny. Nevi Irwan Prayitno, yang bergelar “Pu­an Puti Intan Baiduri”. Selan­jutnya kepada Sutan H Ihsan Fajri dengan gelar Tuanku Besar Temenggung Diraja, Adya Arif Ariman dengan gelar Tuanku Muda Temeng­gung Diraja dan Encik Ramli Awaluddin sebagai Dato’ Paduka.

Baca Juga : Jadwal Bioskop di Kota Padang Jumat (26/2/2021): Tayang Film Thriller Unhinged

Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Paga­ruyuang, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Marajo Basa mengatakan, pemberian gelar aangsako Adat/Derjah Kebesaran Kerabat kepada Irwan Prayitno, karena beliau sukses selama menjadi ang­gota DPR RI, maupun selama menjadi Gubernur. Bahkan Irwan Prayitno berhasil men­dirikan pendidikan.

“Jasa dan pengabdiannya terhadap bangsa dan negara ini sudah banyak,” kata Mu­hammad Taufiq usai upacara, Minggu (20/3).

Baca Juga : Saat Disidang Keluarga, Ayus Lebih Pilih Nissa Sabyan

Pengabdian Irwan Pra­yitno selama menjadi anggota DPR RI, dipercaya sebagai Ketua Komisi VIII. Ketua Komisi yang membidangi masalah energi dan sumber daya mineral DPR RI, se­suatu yang tidak mudah, dan Irwan Prayitno dipercaya memimpin komisi itu.

Selama menjabat Guber­nur Sumbar, Irwan Prayitno dinilai berhasil. Keberhasilan itu dilihat dari kondusifitas daerah. “Lima tahun jabatan itu, kondisi Sumbar berjalan aman, tertib dan tentram,” katanya dikutip obses­sion­snews.

Baca Juga : Rambut Tak Bisa Bohong, Jennifer Jill Positif Gunakan Sabu

Selain di pemerintahan, Irwan Prayitno juga sukses membangun pendidikan. Di­ba­wah ‘bendera’ Yayasan Pendidikan Islam Cendikia (YPIC) Adzkia, sekolah yang didirikan Irwan Prayitno ber­kembang mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga pergu­ruan tinggi yaitu Sekolah Ting­gi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Adzkia.

“Jarang juga orang yang melakukan itu setelah tamat perguruan tinggi langsung mendirikan pendidikan,” pa­parnya. (h/yan)

Baca Juga : Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Ditunda, Ini Alasannya

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]