Solsel Siap Hadapi Penyerahan Wewenang ke Provinsi


Senin, 21 Maret 2016 - 04:02:06 WIB
Solsel Siap Hadapi Penyerahan Wewenang ke Provinsi

SOLSEL, HALUAN — Pe­me­rintah Kabupaten Solok Sela­tan (Solsel) siap meng­hadapi penyerahan wewe­nang ins­tansi dari daerah ke provinsi.

Asisten I, Basrial me­nyebutkan langkah untuk menghadapi itu telah dila­ku­kan pendataan pegawai maupun aset. Untuk jumlah diperkirakan sekitar 300 pegawai. “Untuk jumlah terbanyak di Dinas Pen­didikan mulai dari guru sampai pegawai Tata Usaha tingkat Sekolah Menengah Atas,”katanya.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Nantinya, pengelolaan diserahkan ke provinsi na­mun keberadaan tetap di kabu­paten.”Layaknya se­buah unit pengelolaan. Ar­tinya, pe­gawainya masih difungsikan di dae­rah,” lan­jutnya.

Sementara, Kepala Ba­dan Kepegawaian Daerah Solsel, Erwin Ali menye­butkan untuk kebijakan mengenai pegawai pihaknya belum bisa berbuat di­ka­renakan belum adanya pera­turan daerah (perda) yang mengatur.”Kebijakan terse­but tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar, kemungkinan efektifnya pada awal 2017,”katanya.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Seorang pegawai dinas Energi Sumber Daya Mi­neral (ESDM), Zilhimri menanggapi kebijakan ter­sebut  mengatakan ia hanya mengikuti karena memang amanah undang-undang. Ia mencontohkan tenaga fung­sional seperti inspektur tam­bang selama ini belum ter­kelola dengan baik. “Kita berharap setelah pengelo­laannya di provinsi nantinya menjadi lebih baik,”katanya.

Sementara Kepala ES­DM Sumbar, Marzuki Mah­di menyebutkan instansi yang dibawa ke provinsi hanya beberapa bidang yang memang dibutuhkan. Se­mentara yang bagian lainnya tetap berada dan bekerja di kabupaten/kota. (h/jef)

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]