Wako Zul Elfian Pimpin Apel Siaga


Senin, 21 Maret 2016 - 04:33:20 WIB
Wako Zul Elfian Pimpin Apel Siaga

SOLOK, HALUAN — Walikota Solok Zul Elfian memimpin apel siaga bagi petugas sensus ekonomi sebelum diterjunkan ke lapangan di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solok Jumat (18/3), apel siaga itu dikuti jajaran BPS dan 121 petugas sensus se Kota Solok.

Dihadapan peserta apel siaga, Walikota Solok mengatakan, petugas sensus ekonomi 2016 yang direkrut dan akan bekerja di la­pangan melakukan pendataan merupakan ben­tuk pengabdian dalam melahirkan data yang sangat penting dalam proses pemba­ngu­nan bangsa. Data yang dihasilkan dari sen­sus ekonomi 2016 sangat bermanfaat un­tuk pemerintah, pelaku usaha dan masya­ra­kat.

Baca Juga : Update Perkembangan Zonasi Covid-19 di Sumbar, Kuning 14 dan Orange 5 Bagian

Pentingnya sensus ekonomi dewasa ini juga dikarenakan sensus tersebut selaras dengan nawacita pemerintah yakni nawacita ke 6 meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa lainnya didunia.

Data sensus ekonomi 2016 lanjut Zul Elfian juga dapat memotret daya saing bisnis di Indonesia dan menentukan posisi perekonomian Indonesia diantara negara-negara dikawasan regional maupun inter­nasional. Makanya sensus ekonomi sangat penting mengingat saat ini Indonesia memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang barang tentu harus diantisipasi dan disikapi secara cermat dan cerdas.

Baca Juga : Tanggapi Aspirasi Masyarakat Padang Alai, Leonardy Harmainy Sarankan Nagari Miliki Bumnag

Bagi Kota Solok, sensus ekonomi me­rupakan kegiatan yang sangat besar karena mencakup seluruh lapangan usaha kecuali sektor pertanian karena diprediksi terdapat ribuan usaha/perusahaan yang pendataan dilakukan oleh petugas yang sudah direkrut sesuai mekanisme.

Untuk mensukseskan sensu ekonomi, ti­dak hanya mengandalkan petugas BPS semata melainkan juga semua pihak, mulai dari lingkungan terkecil, komunikasi diberbagai aplikasi sosial media maupun arisan warga. Sebaliknya, Walikota Solok juga meminta pelaku usaha untuk menerima petugas sensus ekonomi dengan baik dan memberikan data yang sebenanrnya, namun demikian petugas juga diminta mera­ha­siakan data yang diberikan pelaku usaha sesuai UU nomor 16 tahun 1997. (h/alf)

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 84 Orang dan Sembuh 51 Kasus

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]