Warga Lukok Gempar

Bayi Mungil Dibuang Orangtuanya


Senin, 21 Maret 2016 - 04:43:31 WIB
Bayi Mungil Dibuang Orangtuanya INILAH bayi perempuan yang berumur 2 hari dengan berat 3 kg dan panjang 48 cm itu, dibuang oleh orang tuannya. (YUSRIL)

BUKITTINGGI, HALUAN — Warga Jorong Lukok Nagari Sariak Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam digemparkan dengan penemuan sosok bayi berjenis perempuan yang dite­mukan di teras rumah warga.

Kuat dugaan, bayi perempuan yang berumur 2  hari dengan berat 3 kg dan panjang 48 cm itu, dibuang oleh orang tuannya.  Berdasarkan Informasi yang diperoleh Haluan dilapangan menyebutkan, pene­muan bayi malang itu pertama kalinya ditemukan oleh Halimah (17,) diteras rumahnya sekitar pukul 05.00 Wib.

Baca Juga : Merespon Harapan Masyarakat Cimpago Selatan, Leonardy Harmainy Upayakan Pembangunan dari APBD

Saat itu Halimah bermaksud hendak mengambil wuduk untuk shalat subuh, disaat bersamaan tiba tiba ia mendengar suara bayi dari luar, dan ketika ia membuka pintu rumah bagian depan, ia langsung kaget melihat sosok bayi perempuan yang dililt de­ngan kain sarung yang beralaskan sajadah didalam kotak.

Melihat kejadian ini, Hali­mah langsung membangunkan orangtuanya dan mem­berita­hukan kejadian ini. Tanpa pikir panjang selanjutnya orang tua Halimah langsung membe­rira­hukan kepada tetangganya dan Wali jorong setempat. Wali Jo­rong pun langsung memberi­tahukan walinagari, camat dan pihak kepolisian.

Baca Juga : Keluarga Pejuang Kelistrikan Korban Covid-19 Terima Beasiswa dari PLN

Camat Sungai Pua, Handria Asmi  ketika dikonfirmasi war­tawan mengatakan, bayi malang itu saat ditemukan tidak ber­pakaian, tubuh bayi itu hanya diselimuti kain sarung dan ber­alaskan sejadah, tapi saat di­temukan kondisi bayi itu dalam keadaan sehat.

Agar bayi itu dapat ditangani secara medis, ia bersama aparat kepolisian dan masyarakat se­tempat langsung membawa bayi itu ke Puskesmas. Namun karena di Puskesmas Sungai Pua tidak ada peralatan ingkubator  (alat penghangat bayi), maka atas kesepakatan bersama dengan Dinas Kesahatan dan Dinas So­sial serta pihak kepolisian akhir­nya bayi itu dititipkan di Pus­kesmas Baso.

Baca Juga : Masyarakat Campago Selatan Padang Pariaman Berharap Leonardy Fasilitasi Pengembangan Perekonomian

“Bayi yang ditemukan itu kita titipkan di Puskesmas Baso, sesuai dengan hasil kesepakatan dan koordinasi dengan dinas kesehatan dan dinas sosial serta pihak ke­polisian. Hal ini dilaku­kan karena di Puskesmas Sungai Pua tidak ada ruangan inap serta alat inkubato tersebut,” ungkap Handria

Sementara salah seorang bi­dan di Puskesmas Baso Eliza mengatakan, bayi perempuan yang diduga dibuang oleh orang tuanya itu diperkirakan berumur 2  hari dengan berat 3 kg dan panjang 48 cm. “Saat ini Alham­dulillah kondisi kesehatan bayi malang itu dalam keadaan sehat. Hari ini (Senin,red) bayi itu rencananya akan dijenguk oleh Dinas Sosial Kab. Agam,” sebut Eliza.

Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Gelar Silaturahmi

Kasus penemuan bayi perem­puan itu saat ini tengah diselidiki oleh pihak kepolisian dari polsek Banuhampu. “Kita sedang me­nyelidiki siapa pembuang bayi dan orang tua dari bayi yang dibuang tersebut,”ujar Kapolsek Ba­nu­hampu, Akp Risman. (h/tot/ril).

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]