Jembatan Siti Nurbaya Dibenahi

41 PKL Segera Direlokasi


Senin, 21 Maret 2016 - 04:52:32 WIB
41 PKL Segera Direlokasi

PADANG, HALUAN — Sebanyak Rp650 juta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang akan digunakan untuk merelo­kasi atau memindahkan 41 PKL jembatan Siti Nurbaya.

“Dipastikan rencana ter­se­but bakal terwujud tahun ini,” ujar Kepala Dinas Ke­buda­yaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi kepada Haluan di Padang, Minggu (20/3).

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

Dikatakan Medi, renca­na untuk merelokasi PKL Jem­batan Siti Nurbaya itu sudah dimulai sejak awal tahun ini. Disbudpar ber­bagi tugas de­ngan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang

“Kami berbagi tugas de­ngan Dinas Koperasi. PKL jembatan Siti Nurbaya, kini sudah tergabung dalam ko­perasi sehingga pemin­dahan PKLlebih mudah nantinya,” kata Medi.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

Ditambahkannya, Pem­ko Padang memang ber­tekad untuk menata lokasi wisata salah satunya di ka­wa­san jem­batan Siti Nur­baya. Dengan demikian PKL yang ada di sana harus direlokasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Yunisman me­nyebutkan ada sekitar 41 pe­dagang yang berjualan di sisi kiri dan kanan jembatan.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

“Saat ini seluruh pe­dagang Jembatan Siti Nur­baya sudah tergabung dalam koperasi KJKS di kelu­ra­han. Seluruh pedagang di jembatan akan dipindahkan ke lokasi yang tak jauh dari jembatan Siti Nurbaya.

Pedagang akan ditem­pat­kan di salah satu lokasi tanah kosong di dekat Bank Man­diri, tepi Sungai Batang Arau. Rencananya, di lokasi ini juga akan menjadi pusat kuliner malam.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

Dengan pindahnya peda­gang ke lokasi tersebut dan dijadikannya lokasi itu sebagai pusat kuliner malam, nantinya akan seiring dengan penataan kota lama (heritage) yang dilakukan Pemko Padang.

Sehingga nantinya, ka­wasan ini akan tertata dengan baik dan mampu menjadi destinasi wisata yang menjadi daya tarik bagi pengunjung,” terang Yunisman. (h/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]