Kanwil Kemenkum HAM Gelar Sosialisasi ke SMAN 5


Senin, 21 Maret 2016 - 13:00:40 WIB
Kanwil Kemenkum HAM Gelar Sosialisasi ke SMAN 5 KEPALA Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar, Risnur Effendi di dampingi Ka. Kantor Imigrasi Klas II Bukittinggi, Teguh Cahyono foto bersama dengan para pelajar SMA/SMK se-Kota Bukittinggi dalam acara sosialisasi Keimigrasian di SMAN 5 Bukittinggi, Jumat (18/3). (YURSIL) ?

BUKITTINGGI, HALUAN — Kantor Wilayah Ke­men­terian Hukum dan Hak Asa­si Manusia (Kemenkum­ham) Sumbar mengelar Ke­gia­tan Sosialisasi Keimig­rasian di SMA Negeri 5 Bukittinggi, Jumat (18/3).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala SMAN 5 Bukittinggi, Las­mita, turut dihadiri Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar Ris­nur Effendi, Kepala Kan­tor Imigrasi Kelas II Bukittinggi, Teguh Cah­yono, dan para pelajar SMA dan SMK se-Kota Bu­kit­tinggi.

Baca Juga : Sikucua Barat Minta Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa Perjuangkan Fasilitas Pendukung di Daerahnya

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 5 Bukittinggi Lasmita mengatakan, saat sekarang ini para pelajar sudah tidak asing lagi bila bepergian ke luar negeri. Sebab salah satu program pemerintah adalah program pertukaran pelajar dengan negara lain.

Untuk itu, ia sangat me­nyambut baik sosialisasi keimigrasian yang dilak­sanakan Kanwil Kemen­kumham Sumbar di SMAN 5 Bukittinggi. “Kita mem­berikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham Sum­bar atas ditunjuknya sekolah kita sebagai tempat sosialisasi,” kata Lasmita.

Baca Juga : Kenal Lebih Dekat dengan Ramadhani Kirana Putra, Wakil Wali Kota Solok Berusia 34 Tahun yang Dilantik Hari ini

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar, Risnur Effendi mengatakan, keimigrasian adalah lalu lintas orang yang masuk maupun keluar  dari wila­yah Indonesia baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Orang yang masuk maupun keluar dari wilayah Indonesia harus melalui tempat pemeriksaan imigrasi yang ditunjuk oleh pemerintah.

Fungsi Imigrasi, kata­nya, adalah memberikan pelayanan dan perlindungan kepada orang yang akan bepergian ke luar negeri, salah satu pelayanannya adalah menerbitkan paspor sebagai identitas diri. Sebab, selain paspor, identitas diri di luar negeri tidak ber­laku. 

Baca Juga : Usai Dilantik Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Siap Lakukan Percepatan Ekonomi

“Jika seseorang tidak punya paspor, maka tidak ada perlindungan terhadap WNA tersebut diluar negeri. Oleh sebab itu, paspor harus dimiliki oleh seseorang yang akan bepergian ke luar ne­geri,” ujar Risnur.

Ia menjelaskan, dengan telah berlaksanakannya Ma­syarakat Ekonomi Asean (MEA) maka warga negara asing (WNA) boleh mela­kukan kegiatan di Indonesia dan begitu juga sebaliknya Warga Negara Indonesia (WNI) boleh melaksanakan kegiatan di luar negeri. (h/ril)

Baca Juga : RS Pratama Lubuk Malako Solsel Segera Dioperasikan, Siap Layani Masyarakat

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]