SMK-PP Padang Manggateh Kerja Sama dengan Malaysia


Senin, 21 Maret 2016 - 13:28:59 WIB
SMK-PP Padang Manggateh Kerja Sama dengan Malaysia Bupati saksikan MoU antara SMK-PP Padang Mengatas dengan KOLEJ Vokasional Malaysia. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HA­LUAN — Bupati Lima­puluh Kota, Ir.Irfendi Arbi, ber­harap kepada pendidik dan tenaga kependidikan di da­erah ini supaya terus me­nerus be­rinovasi dan me­ngem­bang­kan ilmu pe­nge­tahuan.

“Kita harus mem­pro­duksi tenaga yang ahli di semua bidang kalau tidak ingin tertinggal,” ungkap Irfendi Arbi, ketika me­nerima rombongan Malay­sia dalam rangka hubungan kerjasama KOLEJ Vo­kasio­nal Dato’ Lela Maharaja, Rembau dengan SMK-PP Padang Mengatas Luak, Sabtu (19/3) di Aula SMK-PP setempat.  

Baca Juga : Melalui Pemetaan Lingkungan, Kabupaten Pessel Maksimalkan Pencegahan Penyakit Menular

Pemkab Limapuluh Ko­ta siap membantu kerjasama di setiap sekolah, demi ke­majuan pendidikan di dae­rah ini sampai ke pusat. Banyak hal yang perlu di kerjasamakan seperti per­tukaran guru sama guru, pelajar sama pelajar, karena sekolah bukan saja ada di Limapuluh Kota tapi di dunia Internasional.

Dikatakan, pertukaran pelajar dan guru merupakan langkah besar dalam men­ciptakan generasi penerus yang berilmu pengetahuan dan mempunyai keahlian. “Selama ini jarang men­dapat perhatian yang serius, akibatnya banyak yang ter­jadi masalah,” tuturnya.

Baca Juga : Wakil Bupati Pessel: Proses Keluar Hasil Tes Swab PCR Harus Dipercepat

Dato’ Lela Maharaja Rembau, dalam kesempatan itu dihadapan hadirin menu­turkan, khusus hubungan kerjasama antara SMK-PP dengan KOLEJ Vokasional tersebut, dalam bidang Ar­go­in­dustri Ternakan Poltri dan Argoindustri Ternakan Ruminan.

“Kita saling tukar pe­ngajar, pelajar dan  ilmu pengetahuan sebagai negara yang bertetangga dan mem­punyai silah-silah garis ketu­runan dan budaya yang sa­ma. Hubungan ini hen­dak­nya terus berlajut guna pe­ning­katan ilmu penge­tahu­an antara SMK-PP Padang Mengatas dengan Kolej Vo­ka­sional Dato’ Lela Ma­haraja yang memiliki tenaga ahli dan guru dibidangnya,” sebutnya.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 650 Kasus

Kepala SMK-PP Padang Mengatas, Drs.Nen Sardi melaporkan, tenaga pen­didik dan kependidikan jum­lah 44 orang dibagi dalam 3 bidang Normatif, Adaptif dan produktif dalam men­jawab tantangan zaman di­ma­na guru yang ahli dibi­dangnya. Kegiatan yang memanfaatkan hasil per­tanian sebagai bahan baku, merancang dan menye­dia­kan peralatan serta jasa dalam memproses bahan nabati (yang berasal dari tanaman) atau hewani (yang dihasilkan oleh hewan).

“Anak didik kita siap menjawab tantangan ter­sebut, banyak perusahaan meminta mereka yang lulus SMK-PP untuk magang dan sebagainya. Di kopetensi yang diadakan pihak luar banyak anak dari sini ber­sertifikat Internasional,” jelas Nen Sardi. (h/zkf)

Baca Juga : Sebanyak 27.587 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]