Enam Kabupaten/Kota Capai Target PIN Polio


Senin, 21 Maret 2016 - 14:43:08 WIB
Enam Kabupaten/Kota Capai Target PIN Polio

PADANG, HALUAN — Jelang dirilisnya data final pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Sumbar pada 24 Maret nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar mencatat sudah enam kabupaten/kota yang berhasil mencapai target di atas 95% sasaran. Saat ini, beberapa kabu­paten/kota masih me­ram­pung­kan data final untuk dikirim ke provinsi.

Berdasarkan catatan Din­kes Sumbar, enam kabupaten/kota yang telah mencapai target pelaksanaan PIN Polio antara lain Kota Solok, Kota Paria­man, Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

Kepala Dinkes Sumbar, Rosnini Savitri, melalui Ke­pala Bidang Pencegahan Pe­nyakit dan Penyehatan Lin­g­kungan (P2PL), Irene, kepada Ha­luan mengatakan, ber­da­sarkan penghitungan se­men­tara, capaian PIN seluruh Sumbar adalah 90,25% versi Pusat Data Informasi (Pus­datin) dan 110,62% versi data lapangan.

“Angka itu belum final karena ada sebagian daerah yang belum menyerahkan data final, ada juga yang masih menghitung. Meskipun sudah di luar periode jemput bola (16-19 Maret), beberapa petu­gas masih ada yang ke pe­dalaman-pedalaman kampung untuk mencari sasaran lain untuk memenuhi target yang ditetapkan,” kata Irene.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

Dijelaskannya, data versi Pusdatin memang me­nun­juk­kan angka capaian belum me­nyentuh target, namun me­nu­rutnya, patut diketahui bahwa data pusdatin adalah data yang didasari data kependudukan dan angka kelahiran. Sehingga memang terlihat jumlah yang cukup jauh dengan data asli lapangan atau yang disebut juga real data.

Dua Versi Angka Karena Anak Perantauan

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

Berdasarkan data pusdatin, jumlah anak usia 0-59 bulan yang wajib diimunisasi pada PIN Polio adalah sebanyak 545.359. Berbedanya temuan lapangan dari angka tersebut disebabkan banyaknya anak yang dibawa merantau oleh orangtuanya ke luar Sumbar, ditambah dengan beberapa anak yang lahir di masa pen­canangan PIN sejak 8-15 Ma­ret lalu.

“Di Sumbar memang ter­dapat perbedaan pusdatin dan angka lapangan yang cukup mencolok. Orang kita banyak yang merantau. Selain itu, di lapangan kami juga temukan anak-anak yang bukan asli Sum­bar, artinya mereka diba­wa merantau ke Sumbar. Ma­ka­nya terjadi persilisihan ang­ka men­colok soal capaian se­men­tara. Finalnya nanti kami umum­kan tanggal 24,” katanya lagi.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

Meskipun begitu, Irene memastikan kebanyakan target PIN Polio Sumbar yang ting­gal di perantuan telah men­dapatkan imunisasi di daerah tempat mereka me­rantau. Me­reka pun akan masuk dalam perhitungan angka lapangan di daerah bersangkutan. “Jadi sistemnya saling isi antar satu daerah dan daerah lainnya,” tukasnya.

Diungkapkan Rahmah (30), warga asal Ban­dung yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kota Pa­dang. Meskipun ke­luar­ganya masih tercatat sebagai warga Bandung, anaknya tetap mendapatkan imunisasi polio dari Puskesmas Lubuak Ki­langan, Padang. (h/isq)

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]