DPRD Pekanbaru Imbau Pemko Evaluasi Kelayakan Angkutan Umum


Selasa, 22 Maret 2016 - 03:36:54 WIB
DPRD Pekanbaru Imbau Pemko Evaluasi Kelayakan Angkutan Umum

PEKANBARU, HALUAN — Kalangan DPRD Kota Pekanbaru meminta Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan evaluasi terhadap angkutan umum, terutama yang sudah tidak layak beroperasi atau kondisi angkutan yang tidak layak jalan.

“Pemerintah Kota, di bawah instansi terkait, se­perti Dishubkominfo kita minta untuk membenahi setiap angkutan umum yang tak layak lagi untuk bero­perasi di Kota Pekanbaru,” ungkap Anggota DPRD Kota Pekanbaru, H Darnil, pada wartawan, akhir pekan kemarin.

Baca Juga : Keren! Kawasan Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional

Bahkan, kata Darnil, tidak hanya dari segi kela­yakan, bagi angkutan umum yang juga tidak memiliki kelengkapan, mulai dari KIR, surat-surat dan keleng­kapan lainnya, disarankan agar tidak diperbolehkan beroperasi atau dikan­dang­kan.

“Dishubkominfo harus bersikap transparan dalam melakukan uji KIR terha­dap setiap kendaraan umum. Jika ada kendaraan yang tidak layak, maka harus dikandangkan dan tidak boleh beroperasi. Karena mengancam keselamatan penumpang. Disini diminta ketegasan dari Dis­huko­minfo tersebut,” sebut Da­rnil.

Baca Juga : Sandiaga Uno Sebut Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Bahkan, menurut pen­ilai­an Ketua Fraksi Hanura ini, pesatnya perkem­bang­kan ekonomi dan ditambah padatnya mobilitas kenda­raan di Kota Pekanbaru, membuat rawan kemacetan terutama di ruas-ruas jalan protokol.

Sementara di satu sisi, hal ini juga diperparah de­ngan masih beroprasinya angkutan umum yang tak layak jalan di Kota Pekan­baru.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

“Untuk itu, kepada di­nas terkait agar menindak tegas terhadap pengusaha-pengusaha angkutan umum yang menyalahi aturan, ja­ngan ada main mata terha­dap oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan semata,” sebutnya.

Darnil juga meminta Dishubkominfo mengecek langsung kondisi fisik ang­kutan umum yang ber­ke­liaran di Kota Pekanbaru. (hr)

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]