Lima Kelompok Yasin Bentuk Pra Koperasi


Selasa, 22 Maret 2016 - 03:40:58 WIB
Lima Kelompok Yasin Bentuk Pra Koperasi

SAWAHLUNTO, HALUAN — Setelah hampir satu tahun disosialisasikan, sedikitnya lima kelompok yasinan di Kota Sa­wahlunto mulai mendirikan bidang usaha koperasi. Meski belum berbadan hukum, lima pra koperasi tersebut terus mendapat bimbingan dari Pe­rindagkopnaker Sawahlunto.

“Saat ini sudah ada lima kelompok yasinan yang mulai mendirikan usaha koperasi. Walau namanya pra koperasi, namun kami yakin akan dapat berkembang dengan baik,” ujar Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindagkopnaker Sawahlunto, Yosrizal kepada Haluan, Senin (21/3).

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

Selain pra koperasi, di akhir tahun 2015 lalu juga telah berdiri Koperasi Masyarakat Talawi (Komasta) dengan 189 anggota, serta Koperasi SD IT Islahul Ummah dengan 33 anggota.

Tidak hanya itu, sepanjang tahun 2015 Dinas Perin­dag­kopnaker bersama Dekopinda Sawahlunto juga berhasil meng­katrol dua koperasi tidak aktif menjadi kembali aktif. Ke­duanya yakni Koperasi Tani Madani Jaya Desa Taratak Bancah, dan Koperasi Tani Sejahtera Abadi Desa Tumpuk Tangah.

Baca Juga : Kembangkan Sektor Pariwisata, Bupati Andri Warman Lirik Tiga Kawasan Ini

Sehingga, jumlah koperasi tidak aktif di Kota Sawahlunto menyusut menjadi 13 koperasi. Yosrizal sendiri mentargetkan, sepanjang 2016 akan kembali mengaktifkan dua koperasi berstatus tidak aktif saat ini.

Sementara itu,hingga per­tengahan Maret ini, sudah 32 koperasi yang melakukan RAT dari 67 koperasi yang aktif. Ditargetkan hingga perte­nga­han 2016, 80 persen koperasi aktif dapat menyelesaikan kewajibannya melakukan RAT. (h/dil)

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]