Pemerintah Harus Intervensi Sektor Pertanian


Selasa, 22 Maret 2016 - 04:10:05 WIB
Pemerintah Harus Intervensi Sektor Pertanian

AROSUKA, HALUAN—Pemerintah diha­rapkan melakukan intervensi terhadap sektor-sektor vital yang menyangkut hajat hidup masyarakat banyak. Terutama untuk Kabupaten Solok, sebagai daerah yang memiliki potensi besar dalam bidang pertanian, faktor ketersediaan sarana dan prasarana penunjang serta kestabilan harga jual komoditi pertanian itu sendiri tentu  akan menjadi stimulan dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal ini diungkapkan Anggota DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra, SE saat kunjungan resesnya ke dapil Sumbar bersama masyarakat yang tergabung dengan kelompok tani Anugerah di Nagari Aie Batumbuk Kec. Gunung Talang, Minggu (20/3). Menurut Nofi intervensi pemerintah ini diperlukan untuk menjaga kwalitas hasil pertanian masyarakat, terutama dalam menghadapi persaingan bebas masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang sudah di depan mata.

Baca Juga : Polres Agam Beri Sanksi 8 Orang Karena Langgar Prokes

“Sektor Pertanian merupakan urat nadi perekonomian masyarakat di daerah ini. Dibutuhkan ketersediaan sumberdaya  Manusia yang cukup untuk menghasilkan produk yang berkwalitas dan siap bersaing dengan negara lain. Di sinilah pentingnya campur tangan pemerintah,” kata senator yang lahir dari keluarga petani ini.

Kehadiran senator muda ini, mendapat apresiasi dari warga setempat yang juga sebagian besar hidup dari sektor pertanian. Selain menyerap aspirasi, momentum itupun dimanfaatkan Nofi untuk memo­tifasi masyarakat untuk memajukan sektor pertanian di daerah itu. Menurut Nofi, Indonesia memiliki penduduk yang banyak dan sumber daya alam yang melimpah dibandingkan dengan negara-negara lain­nya. “Banyak petani kita saat ini, hanya mengenyam pendidikan dari jenjang seko­lah dasar hingga sekolah menengah saja, mereka butuh pembinaan dari pemerintah melalui dinas terkait, mulai dari proses tanam hingga pemasarannya,” katanya.

Baca Juga : Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Agam Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Sebelumnya, ketua kelompok tani Anugerah Nagari Air Batumbuk kec. Gunung Talang  Boby Hardo mengaku, berbagai persoalan pertanian yang kerap dihadapi oleh para petani secara berangsur sudah mulai teratasi. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]