PNS Australia Gelar Aksi Mogok Kerja


Selasa, 22 Maret 2016 - 04:12:27 WIB
PNS Australia Gelar  Aksi Mogok Kerja

CANBERRA, HALUAN — Ribuan PNS federal Australia, Senin (21/3), memulai aksi mogok kerja menuntut per­baikan gaji. Aksi mogok kerja ini digelar setelah beberapa tahun negosiasi terkait per­soalan perbaikan gaji dengan pemerintah tidak juga men­capai kesepakatan.

Aksi mogok kerja dila­kukan serentak di berbagai departemen pemerintahan di berbagai kota. Pejabat terkait memperkirakan aksi ini bakal berpengaruh pada pelayanan masyarakat. Para PNS di lem­baga jaminan kes­ehatan Me­di­care, Centrelink, kantor pajak, Departemen Per­tahanan, Biro Meteorologi, kantor Perdana Menteri serta Biro Statistik ambil bagian dalam aksi mo­gok ini.

Baca Juga : Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS

Be­gitu pula PNS di ling­kungan Departemen Pen­di­dikan, Departemen Ling­kungan Hidup, dan instansi lainnya.

Serikat pekerja Com­mu­nity and Public Sector Union (CPSU) mengatakan para PNS sudah tidak tahan lagi setelah dalam dua tahun terakhir ini negosiasi perbaikan gaji tidak mencapai kesepakatan.

Baca Juga : Prediksi WHO, Corona Berakhir Awal 2022

Ketua CPSU Nadine Flood menjelaskan, pemerintah beru­saha menghilangkan kondisi kerja yang ramah keluarga yang memungkinkan pegawai me­nyeimbangkan antara kerja dengan tanggung jawab mem­besarkan anak. Dia me­nga­takan, aksi mogok ini tidak mengejutkan.

“Pemerintah terus men­co­ba mengurangi hak-hak pe­ker­ja, mengurangi pekerjaan, me­nyetop kenaikan gaji, dan me­nawarkan pekerjaan dengan gaji rendah serta menolak berunding,” ujar Flood.

Baca Juga : Pemerintah Irak Bersiap Sambut Kunjungan Paus Fransiskus

Diperkirakan aksi mogok kerja juga akan dilakukan di Departemen Imigrasi dan Per­lindungan Perbatasan (DIBP) serta Departemen Pertanian dan Sumber Daya Air, yang rencananya berlangsung pada Kamis mendatang. “Petugas perbatasan kita tentu saja lebih mendahulukan pekerjaan me­reka, namun mereka kini meng­­hadapi perjuangan mel­awan pemerintahan ini,” ujar Flood lagi.

Sementara itu Menteri Pe­layanan Publik Michaelia Cash menyayangkan aksi mo­gok para PNS ini dan meminta serikat buruh untuk me­lakukan negosiasi dengan niat baik. (h/kmp)

Baca Juga : Pedagang asal Indonesia di Arab Saudi Ini Setiap Hari Diserbu Pembeli Wanita, Jualan Apa Ya?

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]