Damkar Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran


Selasa, 22 Maret 2016 - 04:43:12 WIB
Damkar Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran Peringati HUT Damkar yang ke-97, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi menggelar simulasi kebakaran di Lapangan Kantin Bukittinggi, Senin (21/3). (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Ke­bakaran (Damkar) yang ke-97, Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Bukit­tinggi menggelar simu­lasi keba­karan di Lapangan Kantin Bukittinggi, Senin (21/3).

Kegiatan simulasi pena­nganan kebakaran berlang­sung setelah pelaksanaan upacara HUT Pemadam Ke­ba­karan yang dipimpin lang­sung oleh Walikota Bukit­tinggi selaku Inspektur Upa­cara. Turut Hadir Wakil Wali­kota Bukittinggi, Irwandi, Muspida serta seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi.

Baca Juga : BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Sumbar Sampai Besok

Walikota Bukittinggi, H. M. Ramlan Nurmatias, SH membacakan Sambutan Men­dagri Tjahjo Kumolo me­ngajak untuk melakukan gera­kan perang terhadap kebaka­ran dan mengedepankan tin­da­kan pencegahan kebakaran. Tindakan responsif pence­gahan kebakaran perlu dilaku­kan karena jika sudah terjadi keba­karan dengan api yang besar akan sulit untuk dipadamkan.

Hal ini tentunya meng­akibatkan timbulnya korban jiwa, kerugian materi, kehila­ngan pencaharian, kemun­duran ekonomi dan kerusakan lingkungan, Bahkan keba­karan hutan dan lahan gam­but,  dapat menimbulkan bencana pencemaran asap yang berdampak terhadap kesehatan dan transportasi serta terganggunya aktivitas ekonomi.

Baca Juga : Sempat Terhenti, Pembangunan Monumen Bela Negara Segera Dilanjutkan

Diakhir sambutan, Ram­lan mengucapkan selamat berulang tahun ke-97 kepada Damkar seraya berharap ke­pa­da seluruh Satuan Tugas Pemadam Kebakaran dan Satuan Sukarela Pemadam Kebakaran agar selalu siap siaga dan jangan lengah. Me­la­lui upaya peningkatan ka­pas­itas dan kapabilitas per­sonil serta kelembagaan Dam­kar, para Satgas dan Suka­relawan Damkar harus sigap, cepat, cekatan dan cerdas dalam menghadapi kebaka­ran. Stop Kebakaran dan Stop Pencemaran Asap.

Sementara itu, dalam si­mu­lasi yang dilakukan petugas Damkar Bukittinggi, ada be­be­rapa kegiatan simulasi yang dilakukan seperti melakukan pemadaman api yang berada dalam genangan air, mema­damkan api dalam gedung bertingkat, menyelamatkan korban yang terjebak api di lantai atas gedung bertingkat, serta menyelamatkan korban yang berada dalam lautan api.

Baca Juga : Mahfud MD Ingin Pembangunan Monumen Bela Negara di Sumbar Cepat Selesai

Kegiatan simulasi yang ditampilkan ini makin mene­gangkan serta memukau para peserta upacara dan warga yang melihat, ketika ada dua korban yang terjebak dalam lautan api di gedung ber­tingkat yang terbakar. Gedung bertingkat yang terbakar ini merupakan pondok papan berlantai tiga yang dibangun oleh BPBD untuk kegiatan simulasi.

Dalam proses evakuasi dua korban di gedung ber­tingkat ini cukup menyita waktu, kare­na menggunakan tali dan tan­du secara manual, sementara kobaran api mem­buat suasana sekitar menjadi panas. Be­berapa personil yang telah siaga tampak berkali-kali me­nyemprot lokasi eva­kuasi kor­ban, agar petugas dan orang yang ditunjuk seba­gai korban tidak mengalami sesak nafas akibat banyaknya menghirup kepulan asap hi­tam. (h/tot)

Baca Juga : Hadiri Rapat Kerja Kepala Sekolah, Sabar AS Paparkan Ide Majukan Dunia Pendidikan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]