Perayaan Titik Kulminasi

Kurang Promosi, Minim Wisatawan


Selasa, 22 Maret 2016 - 04:44:06 WIB
Kurang Promosi, Minim Wisatawan

PASAMAN, HALUAN — Pemkab Pasaman merayakan titik kulminasi di taman museum Tuanku Imam Bonjol, Senin (21/3) kemarin. Perayaan titik kulminasi tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang biasa dirayakan pada 23 September. Pengunjung wisata fenomena alam itu, tidak ada ubahnya dari tahun ke tahun.

Pengamatan Haluan di lokasi kegiatan, dominan pe­ngunjung hanya dari ka­langan pegawai pemerintah, guru dan pelajar setempat yang dikumpul melalui ke­giatan kemah pramuka. Se­mentara, harapan fenomena langkah itu menjadi wisata andalan Pasaman masih jauh panggang dari api

Baca Juga : Wujudkan Pendidikan Berlalu Lintas, Polda Sumbar MoU dengan Disdik

Selain dari penyaksian titik kulminasi matahari, benda tanpa bayangan, juga ditampilkan kesenian tra­disional khas Pasaman, yai­tu Gordang Sambilan dari Rao Utara, Lukah Gilo dan Simuntu dari Bonjol, lomba memasak nasi lemak khas Bonjol, bazar.

Perayaan berlangsung sejak 19-24 Maret 2016. Agendanya, mengadakan pameran dan bazar selama sepekan, festival band Sum­bar, Riau dan Sumut, se­nam sehat bersama dan lomba burung berkicau.

Baca Juga : BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Sumbar Sampai Besok

Turut hadir dalam ke­giatan tersebut, Bupati Pa­saman Yusuf Lubis, Wakil Bupati Pasaman Atos Pra­tama, Ketua TP-PKK Pa­saman Ny. Gusminar Yu­suf Lubis, dan Ketua GOW Ny. Mira.

Selain itu, juga did­a­tangkan pihak BMKG un­tuk memantau langsung de­tik-detik puncak kul­minasi matahari lengkap dengan alat teleskop dari BMKG Padangpanjang, staf ahli Gubernur Sumbar bidang pemerintahan Jefri Arifin, Asisten I Pemkab Mina­hasa, Sekda Solok, sejumlah pejabat pemkab Agam, Pa­riaman serta jajaran kepala SKPD. (h/col)

Baca Juga : Sempat Terhenti, Pembangunan Monumen Bela Negara Segera Dilanjutkan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]