Jelang Pilkada Kota Payakumbuh 2017

PDIP dan NasDem Tutup Pendaftaran


Selasa, 22 Maret 2016 - 04:46:58 WIB
PDIP dan NasDem Tutup Pendaftaran

PAYAKUMBUH, HALUAN — Dinamika politik jelang ditabuhnya genderang Pil­kada Kota Payakumbuh 2017 mendatang, kiat me­narik diikuti. Sejumlah par­tai politik yang sudah mulai melakukan pen­jaringan ba­kal calon kepala daerah sejak beberapa waktu lalu, bahkan juga telah menutup pendaftaran.

Ketua DPC PBB Kota Pa­yakumbuh, Nasrul me­ngatakan, PBB sudah jauh-jauh hari melakukan pen­jaringan balon Walikota dan Wakil Walikota Pa­ya­kum­buh. “Pembukaan pen­daf­taran sudah dimulai sejak 23 Januari lalu. Rencana akan ditutup pada Mei men­datang,” terang Nasrul.

Baca Juga : Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Mencapai 94,04 %

Putra Koto Nan Godang ter­sebut mengatakan, se­men­jak dibukanya pen­jar­i­ngan pendaftaran bakal ca­lon, hingga kini sudah ada lima nama yang mengambil formulir pendaftaran. Yakni Almaisyar, Syafrizal, Su­wandel Muchtar, Hendra Yani dan Darlis Ilyas. “Sam­pai saat ini belum ada yang mengembalikan formulir tersebut,” ucapnya.

Begitu juga dengan DPC PDIP Kota Payakumbuh. Partai berlambang banteng moncong putih itu sudah menjaring delapan nama yang akan diserahkan ke DPP PDIP. “Pendaftaran sudah ditutup,” tegas Her­man R Sekretaris DPC PDIP Kota Payakumbuh.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Kasus

Kemudian, Partai Nas­dem sudah menutup pen­daftaran pada Minggu (20/3) lalu. Setidaknya ada 15 nama yang mendaftar ke partai dengan jumlah 2 kursi di DPRD Kota Paya­kum­buh tersebut. Sementara Partai Hanura baru mulai membuka pendaftaran pada Senin (21/3) kemarin.

Dihari pertama dibu­kanya pendaftaran dalam penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Wali­kota Payakumbuh tersebut, sudah ada 4 nama yang me­ngambil formulir pen­daf­taran. Yakni Anda Se­tya Budi, Benny Mukhtar, Yossi dan Harmen Fai­ndal.

Baca Juga : Besok Dilantik, Gubernur Sumbar Terpilih Mahyeldi Jalani Swab Test di RS Bunda Jakarta

Partai dengan satu kursi di DPRD Kota Paya­kum­buh tersebut, akan mem­buka pendaftaran sampai 5 April mendatang. Sekre­taris DPC Hanura Payakumbuh, Taufik mengatakan, meski hanya 1 kursi di dewan, tetapi partainya harus men­jadi penentu dalam Pilkada Payakumbuh 2017 men­datang.

Lain halnya dengan PAN dan Partai Demokrat. Ke­dua partai dengan masing-masing 3 kursi di DPRD Kota Payakumbuh tersebut, akan membuka pendaftaran dalam waktu dekat. Ketua DPD PAN Kota Pa­ya­kum­buh, Chandra Setipon be­ren­cana akan membuka pen­daftaran pada Rabu (23/3) nanti.

Baca Juga : Pesan Ketua DPRD Sumbar untuk Mahyeldi-Audy, Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Sementara, Partai De­mokrat masih menyiapkan administrasi untuk pen­jaringan bakal calon Wa­likota dan Wakil Walikota Payakumbuh.  (h/ddg)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]