PKS Absen di Pilkada Mentawai


Selasa, 22 Maret 2016 - 04:52:49 WIB
PKS Absen di Pilkada Mentawai

PADANG, HALUAN — Partai Keadilan Sejahtera (PKS), memastikan tidak akan mencalonkan kadernya di Pilkada Kabupaten Kepulauan Mentawai 2017 mendatang. Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Syafar mengatakan, absennya PKS pada pilkada di daerah itu, lantaran PKS tidak mempunyai kursi di DPRD setempat.

“Di Mentawai kami kan tidak punya kursi, lagipula di daerah tersebut banyak yang non muslim. Tentunya pendekatan yang dilakukan juga tidak seiring dengan partai. Namun kami tetap menjaga dan mengapungkan kader yang ada di sana,” ungkapnya, Senin (21/3).

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

Ia mengatakan, sesuai dengan ketetapan partai bahwa tidak ada pen­daf­taran untuk yang men­ca­lon­kan menjadi bakal ca­lon ke­pala daerah dari eksternal. Melainkan, ma­sing-masing daerah akan me­musya­wa­rahkan siapa nantinya yang akan di­usung untuk be­r­tarung pada Pilkada 2017 men­datang.

“Dari hasil musyawarah disepakati ada tiga nama yang ditunjuk, dan nama-nama tersebut sudah di­ajukan ke DPP melalui provinsi,” ulasnya.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

Saat ini, pihaknya hanya menunggu keputusan dari DPP terkait siapa nanti yang akan maju di Pilkada Kota Payakumbuh. Tiga nama tersebut untuk saat ini ia belum bisa menerka, siapa kandidat terkuat. Namun yang jelas, partai akan lebih mengutamakan balon in­cum­bent dengan alasan in­cumben sudah menabung dan mempunyai pe­nga­laman selama lima tahun. 

“Misalnya saja di pro­vinsi, incumbent kembali terpilih untuk menjadi ke­pala daerah. Selain itu, hasil sur­vei juga akan me­nen­tukan apakah kader atau incumbent tersebut akan maju atau tidaknya, hasil survei tersebut juga kami serahkan ke DPP,” ujarnya.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

Meskipun tidak ingin memberikan gambaran kandidat terkuat, namun ia mengatakan untuk saat ini perolehan suara terbanyak diraih oleh incumbent Reza Pahlepi. (h/rin)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]