Lima Napi dan Tahanan Kabur


Selasa, 22 Maret 2016 - 05:02:30 WIB
Lima Napi dan Tahanan Kabur

AGAM, HALUAN — Sebanyak tiga orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II B Padang Langsano, Kena­garian Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, berhasil kabur, Minggu (20/3) malam pukul 11.30 WIB. Dari jumlah warga binaan yang kabur satu orang di antaranya napi kasus pencurian, dua orang lagi napi narkoba.

Sementara Polres Pariaman juga keco­longan. Dua orang tahanan kasus narkoba (UU No 35 tahun 2009) dan pencurian (Pasal 362 KUHP) kabur dari sel tahanan yang telah dipasang Closed Circuit Television (CCTV).

Baca Juga : PKL di Solsel Ditertibkan, Melanggar Bakal Disanksi Sesuai Peraturan Daerah

Tiga napi yang kabur dari LP Padang Langsano adalah Yulisman, kasus pen­curian dengan masa kurungan 1 tahun enam bulan, kemudian, dua napi narkoba pinda­

han dari Padang, Tofik (35) dan Roni Ardi (48), dua orang ini disebut-sebut merupakan jagoan di lembaga pemasyarakatan tersebut. 

Baca Juga : Resmi Jadi Gubernur-Wagub Sumbar 2021-2024, Ini yang akan Dilakukan Mahyeldi-Audy Usai Dilantik Presiden

Mereka berhasil kabur dari LP dengan alasan izin keluar membeli rokok. Kesempatan itu benar-benar dimanfaatkan oleh napi tersebut untuk kabur. Petu­gas terhenyak setelah ketiganya tidak kembali lagi ke LP setelah beberapa waktu. Mendapati hal tersebut kemudian peristiwa ini dilaporkan petugas kepada Ka­lapas yang saat itu berada di Padang. Atas instruksi kepala lapas kemudian petugas LP bekerja sama pihak kepolsian melakukan pengejaran.

Kepala Pengamanan Lemba­ga Permasyarakatan (KPLP), Hartono. Senin (21/3) mengata­kan, ketiga napi tersebut diper­kira­kan belum lari terlalu jauh.

Baca Juga : Jokowi Lantik Tiga Gubernur Sekaligus, Siapa Saja Orangnya?

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak takut-takut membe­ri­kan informasi apabila melihat ada orang yang mencurigakan di lingkungan mereka. 

Petugas sipir yang ketika itu melakukan penjagaan yaitu Bul­yajir, Jon Pranata dan Wahyu.

Baca Juga : Dilepas Ketua DPRD Agam, Jenazah Syafrizal Diantar ke Pandam Pemakaman Keluarga

“Kita juga akan melihat fakta kenapa bisa terjadi peristiwa ini. Apabila ada unsur kesengajaan akan diberikan sanksi terberat bagi ketiga sipir tersebut,” katanya.

Dikatakannya, secara lisan, pihaknya sudah melaporkan peristiwa ini ke Kanwil Kemen­kumham Sumbar. Jumlah napi di LP Kelas II B Padang Langsano 131 orang, sementara penjaga hanya 12 orang.  

Tahanan Polres Pariaman

Sementara itu, dua tahanan Polres yang kabur dini hari kemarin. Satu tahanan bernama  Ronal Cengli (35) warga Kota Pariaman.

Informasi yang dihimpun, kejadian berawal pada pukul 04.00 WIB dini hari. Setelah berhasil membobol atap sel, Donal dan tahanan satu lagi kabur lewat pintu belakang Pol­res. Petugas yang dijaga sekitar lima orang dan dikepalai oleh kepala jaga (Kajaga) berpangkat perwira tersebut baru menge­tahui setelah melakukan penge­ce­kan tahanan pada pagi hari.

Ronal Cengli sebelumnya menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus pencuarian yang berlokasi di wilayah Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Namun ia ditangkap dalam kasus narkoba.

Dari Pantauan Haluan pada awal Januari saat mengunjungi Polres yang berada di Jalan Imam Bonjol tersebut, Polres Pariaman yang di pimpin oleh Kapolres AKBP. Rico Junaldy pernah melakukan pembenahan dengan merenovasi sel tahanan. Hal ter­sebut dilalukan untuk me­ning­katkan pengawasan dan keamanan. Sementara di ruang Sentra Pela­yanan Kepolisian Terpadu (SPKT) yang juga men­jadi ruang jaga terdapat monitor yang tersambung CCTV dari dalam sel, bahkan didalam ruang Kapolres pun juga memiliki monitor untuk meng­akses sel tahanan.

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin, saat dikonfirmasi pada Senin (21/3) menyampai­kan, Polres Pariaman beserta jajaran masih melakukan penge­jaran terhadap tahanan yang kabur. Jenderal bintang satu tersebut menegaskan akan me­nin­dak anggotanya yang lalai.

Kaburnya tahanan dari Pol­res Pariaman berdampak pada kere­sahan masyarakat. Hal ini disam­paikan oleh Yanti (50) salah seorang warga Kuraitaji, Pariaman. Ia mengatakan lolos­nya tahanan membuat dirinya sebagai masya­rakat waspada. (h/yat/rvo)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]