LKM Diharapkan Miliki Badan Hukum


Rabu, 23 Maret 2016 - 02:47:48 WIB
LKM Diharapkan Miliki Badan Hukum

PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman berupaya terus mendorong Lem­baga Keuangan Mikro di kota tersebut menjadi badan usaha berbadan hukum.

“Jumlah LKM di Kota Tabuik tersebut cukup banyak, lebih dari seratusan atau sebanyak 107 LKM dan sampai kini masih eksis bergerak melayani masyarakat,” kata Kepala Dinas Koperasi Industeri dan Perdagangan Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit kepada Haluan, Selasa (22/3).

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Lembaga ini tumbuh dari masyarakat, dan kegiatanya yang dikelola juga untuk masyarakat, kebanyakan bergerak di usaha simpan pinjam. Nah karena bergerak di keuangan ini kita anjurkan untuk berbadan hukum.

Ada dua pilihan LKM ini untuk berbadan hukum. Jika LKM akan dijadikan PT, maka urusannya ke Pelayanan Terpadu, KP2TPM. Kalau berbadan hukum bentuk Koperasi, datang ke Koperindag untuk pengurusannya.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

LKM yang berbentuk badan hukum seperti koperasi misalnya, mereka dapat bantuan dari pemerintah untuk akte notarisnya, karena telah ditunjuk oleh pemerintah.

Di Kota Pariaman, kata Gusniyetti Zaunit, Koperasi yang ada sudah berbadan hukum. Namun LKM masih perlu sosialisasi untik mendorong mereka menjadi berbadan hukum.(h/tri)

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]