Potensi PAD dari Parkir Terus Dimaksimalkan


Rabu, 23 Maret 2016 - 02:58:07 WIB
Potensi PAD dari Parkir Terus Dimaksimalkan

PARIAMAN, HALUAN  — Potensi PAD di pinggir jalan umum melalui parkir ter­nyata sangat banyak . Ka­rena itu penataan terhadap potensi tersebut terus dila­kukan. Bahkan tahun 2016 ini bakal dimaksimalkan.

Kadis Dishup Kominfo Kota Pariaman, Yota Balad kepada Haluan, Selasa (22/3) menjelaskan, untuk pe­nataan itu tetap ber­ko­ordi­nasi dengan Sat Lantas Kota Pariaman. Bahwasanya un­tuk parkir-parkir atau titik parkir di pinggir jalan di­buatkan markanya.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Tujuan dibuatnya titik-titik parkir, jelas ditujukan bagi pengendara mobil dan diharapkan mereka memar­kir kendaraanya pada marka parkir yang sudah di­ten­tukan.

Begitupun dengan juru parkir yang sudah ditunjuk, mereka sudah dibuatkan pernyataan dan kepada juru parkir ini juga telah disam­paikan wajib memakai at­ribut.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Kepada masyarakat di­im­bau untuk membantu, kalau ata petugas parkir atau juru parkir yang tidak mengenakan atribut sesuai ketentuan dan tidak mau memberikan karcis parkir, tolong laporkan ke Dishub Kominfo.

Yota Balad menjelaskan juga, soal parkir khusus, sudah diancang-ancang me­makai sistem otomatis atau memakai sistem mesin oto­matis parkir. Parkir khusus ini di sepanjang Pantai Gan­doriah di tempat wisata.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Titik parkir di Kota Pa­riaman ada 12 titik, dan parkir khusus di Pantai Gan­doriah. Jika dibanding tahun lalu ada penambahan 2 titik yaitu di depan kawasan Bank Nagari.

Disebutkan Yota Balad, tahun 2015 lalu, memang masuk kawasan tertib lalu lintas atau KTL. Tapi se­karang, kawasan KTL ada dari Simpang Lapai sampai Simpang Sianik, dan ka­wasan di seputar Bank Na­gari itu tidak kawasan KTL lagi.

Baca Juga : Walinagari Mengalihkan Bantuan untuk Siswa Korban Banjir Solsel, Kepsek: Kami Tidak Tahu

Potensi parkir yang di­dapatkan kemarin itu, masih jauh dari target, karena untuk parkir khusus PA­Dnya yang telah masuk baru lebi kurang Rp30 juta, ke­mudian potensi yang di­pinggir jalan kini memang sedikit agak macet, hanya baru Rp18 juta. April bulan depan paling lambat bakal dilakukan peningkatan mar­ka dan rambu parkir.

Target PAD dari parkir tepi jalan Umum tahun ini ditargetkan Rp420 juta, parkir di Pantai Gandoriah, Rp129 juta.(h/tri)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]