Dharmasraya Penyusunan RKPD Terbaik


Rabu, 23 Maret 2016 - 03:35:04 WIB
Dharmasraya Penyusunan RKPD Terbaik BUPATI dan sekda.

DHARMASRAYA, HALUAN — Kabu­paten Dharmasraya, ma­suk nominasi kabupaten dengan penyusun RKPD terbaik tingkat provinsi Sum­bar tahun 2016. Hal tersebut di­katakan Sekda Kab Dharmasraya, Benny Mukh­tar kepada Haluan, di Pulau Punjung, kemarin.

Dijelaskan Benny Mukhtar, rencana kerja pemerintah dae­rah (RKPD) merupakan ba­gian penting dalam tahapan pem­bangunan. Dari RKPD ini, akan muncul gambaran ke­bi­jakan umum anggaran (KUA) dan kemudian muncul rencana kerja anggaran (RKA). Dan jika sudah mendapat penge­sa­han, maka RKA akan menjadi dokumen pelaksanaan ang­garan (DPA). Dokumen inilah yang kemudian menjadi ki­tab acuan dalam melak­sanakan berbagai ke­bijakan daerah.

Baca Juga : Wagub Sumbar Serahkan Piala kepada Pemenang Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi

Justru itu, katanya, pe­nyusunan RKPD menjadi sa­ngat strategis. RKPD harus menjadi wadah pe­nampung berbagai kepentingan, baik yang bersumber dari rakyat je­lata, wakil rakyat, peme­rin­tahan yang lebih atas, para pejabat ekse­kutif dan para ilmu­wan serta LSM dan lainnya. RKPD yang memuat berbagai aspirasi dan kepentingan ini tentu harus disusun melalui rekayasa yang memungkinkan tersalurnya aspirasi semua stakeholders daerah.

Ia yang juga sebagai ketua tim anggaran pemerintah daer­ah (TAPD), memainkan pe­ranan yang sangat penting, supaya RKPD betul betul men­jadi cermin keinginan semua pihak.

Baca Juga : Besok, Gubernur-Wagub Sumbar Divaksin Covid-19

Sosok yang disebut-sebut menjadi bakal calon kuat Wali­kota Pa­ya­kum­buah itu, cukup lihai me­mainkan peranannya. Selain cukup mantap me­nyu­sun strategi dan mekanisme pe­nyusunan RKPD, mantan Wa­wako Payakumbuah itu, juga tak segan bersikap tegas kepada pihak-pihak tertentu yang ingin men­dominasi pe­nyusunan RKPD. “Se­mua ha­rus diberi ruang, agar aspi­ra­si­nya tert­am­pung dalam RKPD,” ujar man­tan Kadis Peternakan Sum­bar ini. (h/mdi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]