Banjir Dipicu Kerusakan Hutan

Dewan: Pembenahan Drainase Prioritaskan


Rabu, 23 Maret 2016 - 03:51:41 WIB
Dewan: Pembenahan Drainase Prioritaskan Anak-anak sekolah menembus banjir dengan bersepeda di depan Komplek Bandara Tabing Padang, Selasa (22/3). Walikota Padang mengimbau agar sekolah yang direndam banjir meliburkan anak didiknya. Sedangkan sekolah yang tidak menjadi korban banjir tetap melakukan aktifitas belajar dan mengajar seperti biasa. (JULI ISHAQ)

PADANG, HALUAN — Komisi III DPRD Kota Padang menilai banjir yang mengepung sejumlah kawasan di Kota Padang juga dipicu kerusakan hutan yang memagar Kota Padang.

“Program betonisasi dan drai­nase, harus betul-betul diseriusi disamping normalisasi Banda Lu­ruih,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Kota Padang Am­rizal Hadi Selasa (22/3).

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian Warga Binaan, Rutan Padang Temukan 10 Sajam

Menurutnya, kerusakan hutan menyebabkan laju air tak terben­dung ke arah hi­lir. Sementara, normalisasi sejumlah sungai, belum juga terwujud. Jalan Bypass yang sedang dalam proses pem­bangunan, dan tingginya badan jalan seakan mem­bendung laju air. “Tidak bisa dipungkiri, bila Kota Padang dilan­da banjir hebat,” ungkapnya.

Dikatakannya, pem­be­na­­han, dan pembangunan drai­nase di Kota Padang ti­dak dapat tunda lagi. Un­tuk itu, satuan terkait di­minta me­nginventarisir kon­disi sa­luran drainase, ba­ik se­kunder maupun ter­sier. Selokan-selokan, ba­nyak dipe­nuhi oleh sampah. Ka­rena itu, perlu data akurat terkait drainase yang ada berhubung ini menjadi ba­gian dari Pemko Padang.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Kota Padang Targetkan Vaksinasi untuk 700.000 Warga

Bila betonisasi ditarget­kan 2017, drai­nase dan saluran air juga harus di­tun­taskan.DPRD Kota Padang, siap mendorong lewat pe­ngang­garan se­lagi rencana dan kerjanya terukur. Bi­la alokasi jelas, DPRD siap me­nye­­diakan anggaran yang dibutuh­kan.

“Saya sudah lakukan peman­tauan lapangan tadi (kemarin-red), me­mang merata (bencana banjir-red),” kata Ketua DPRD Padang, Erisman terpisah.

Baca Juga : Hendri Septa Ditunjuk Jadi Plt Wali Kota Padang

Pantauannya, ternyata sebagian kawasan yang ter­ge­nang, salah satu­ya dipicu oleh drainase yang kurang berfungsi. Untuk itu, BPBD kota diminta meningkatkan kewas­pa­daan mengingat cuaca masih belum ber­sahabat.

Ditambah lagi, bahaya ben­cana di Kota Padang tidak hanya banjir, tapi juga longsor di se­jumlah titik. Perhatian Pemko Padang, bagi warga yang ter­dampak sangat di­harap­kan. War­ga kota,  diminta lebih hati-hati. Jangan le­ngah, terhadap kesela­ma­tan. “Kami im­bau, warga tidak le­ngah. Bencana, tidak da­pat diben­dung, tapi dam­paknya bisa di­upa­yakan agar semi­nimal mung­kin. Jaga ke­sela­matan,” ungkap Eris­man. (h/ade)

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Targetkan Lansia dan Aparat Pelayan Publik

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]