Banjir di Pasie Nan Tigo

Pilih Bertahan, Warga Enggan Dievakuasi


Rabu, 23 Maret 2016 - 03:52:44 WIB
Pilih Bertahan, Warga Enggan Dievakuasi BANJIR setinggi dua meter di Kompleks Perumahan Bumi Serdang Damai II di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah. Warga enggan meninggalkan rumah. Mereka hanya mengungsi ke tempat lebih tinggi di sekitar rumahnya.

PADANG, HALUAN—Banjir yang melanda Kota Padang, Selasa (22/3) dinihari, mem­buat sejumlah warga memilih bertahan di rumah masing-masing. Di Kompleks Perumahan Bumi Serdang Damai II di Kelurahan Pa­sie Nan Tigo, Ke­ca­matan Koto Ta­ngah misalnya, war­ga memilih untuk tetap di rumah masing-masing.

Ketinggian air di kompleks perumahan tersebut pada dini hari itu hampir mencapai 2 meter. Warga hanya meng­ungsikan keluarganya ke tem­pat lebih tinggi di rumahnya. Bah­kan ada yang memilih berdiam di loteng rumah ma­sing-masing.

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Targetkan Lansia dan Aparat Pelayan Publik

Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, Rusdin me­ngatakan warga memilih ber­diam diri di rumah karena takut meninggalkan rumah. Karena itu, seluruh warga sepakat untuk berada di ru­mah hingga banjir susut.

Mendapat laporan terse­but, Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo langsung mendatangi lokasi. Di sini, Walikota bertemu langsung dengan RT dan se­jumlah war­ga.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 02 Maret 2021

Walikota sempat meng­ajak warga agar dievakuasi ke tempat lain.

“Kita khawatir banjir sem­a­kin tinggi, sedangkan warga tetap memilih tinggal di ru­mah,” ujar Mahyeldi.

Baca Juga : Pipa Perumda AM di Sungai Lareh Padang Bocor, Ini Daerah Terdampak

Mengantisipasi itu, Pemko Padang bersama Kodim 0312/Padang, TRC PT Semen Pa­dang dan lainnya mendis­tribusikan perahu karet di kompleks perumahan ter­sebut. Ini bertujuan untuk membantu evakuasi warga bila debit air semakin tinggi.

Tidak hanya itu, bantuan logistik seperti makanan ri­ngan, minuman, peralatan bayi dan sebagainya juga dibe­rikan kepa­da seluruh warga di perumahan ini. Bantuan ini diharapkan dapat membantu warga yang kekurangan asu­pan makanan.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

Di Kompleks Perumahan Bumi Serdang Damai II ini sebanyak 53 Kepala Keluarga (KK) mendiami perumahan tersebut. Saat men­dis­tri­bu­sikan bantuan kepada warga setempat terlihat diantaranya Dandim, Ketua DPRD Kota Padang, dan lainnya.(h/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]