Gubernur Minta Daerah Evaluasi Banjir


Rabu, 23 Maret 2016 - 04:03:13 WIB
Gubernur Minta Daerah Evaluasi Banjir

PADANG, HALUAN — Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meminta pemerintah Kabupaten/Kota harus mengevaluasi penyebab banjir, menyusul kerap terjadinya bencana serupa di Sumbar.

“Kalau salurannya yang rusak, perbaiki. Daerah Ali­ran Sungai (DAS) yang ber­masalah, provinsi akan usa­hakan untuk membantu,” kata Irwan Prayitno usai melantik Bupati Solok Sela­tan Muzni Zakaria dan Ab­dul Rahman di Aula Gu­bernuran Sumbar, Selasa (22/3) pagi.

Baca Juga : Ini Tanggapan Hendri Septa soal Siapa Wakil Walikota yang Mendampinginya

Meski bencana banjir terjadi pada sejumlah daerah, namun ia bersyukur tidak ada laporan banjir bandang yang terjadi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penan­ggu­langan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno di Padang, Selasa menu­turkan, pihaknya sedang melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam menggunakan perahu karet.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 03 Maret 2021

Sedikitnya 16 perahu karet telah dikirim BPBD ke lokasi bencana untuk mela­kukan evakuasi. Dengan bantuan Kelompok Siaga Bencana (KSB) dan TRC ber­sama BPBD bahu mem­bahu melakukan evakuasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pa­gar Negara mengatakan, banjir di Kota Padang kali ini lebih parah dari banjir yang pernah terjadi sebe­lumnya, karena sejumlah daerah yang biasanya bebas banjir, kali ini terendam. “Kita minta warga untuk tetap waspada, karena geri­mis masih turun,” katanya.

Baca Juga : Peringati Setahun Covid-19, Hendri Septa Beberkan Prosesi PBM Tatap Muka di Kota Padang

Intensitas Hujan Masih Tinggi

Badan Meteorologi Kli­ma­tologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau ma­syarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat intensitas hujan masih akan tinggi hingga tiga hari ke depan.

Baca Juga : Padang Diguyur Hujan Lebat, Rumah Warga Mulai Digenangi Air

Kepala Bidang Infor­masi dan Observasi BMKG Ketaping, Padang Budi Iman Samiaji menyebutkan, diprediksi hujan masih akan mengguyur wilayah Sumbar hingga tiga hari ke depan. Rata-rata hujan yang turun dengan intensitas sedang hingga tinggi.

“Hal ini dilihat dari per­tumbuhan awan yang masih saja terjadi. Sehingg masih akan berpotensi hujan. Kita minta kepada warga terutama yang berada di ka­wa­san banjir untuk was­pada,”  pung­kasnya.(h/isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]