Bupati Ajak Sukseskan SE 2016


Kamis, 24 Maret 2016 - 03:34:33 WIB
Bupati Ajak Sukseskan SE 2016 Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran menyematkan tanda pengenal kepada petugas sensus ekonomi 2016 Pasaman Barat. Dia berharap sensus ekonomi berjalan lancar dan akan hasilnya membawa pengarug terhadap pembangunan daerah. (ANDIKA)

PASBAR, HALUAN — Sukses Sensus Ekonomi tahuan 2016, Bupati Pasaman Barat, Syahiran meminta kepada seluruh lapisan masyarakat mesti menunjukkan sense of belonging yang tinggi untuk sensus ekonomi tahun ini. 

Sensus Ekonomi ini, akan memberikan pengaruh besar terhadap pembangu­nan Pasaman Barat ke de­pan. Kiranya, masyarakat memberikan data sensus yang sebenarnya kepada petugas.

Baca Juga : BLK Agam Gelar Pelatihan Pembuatan Kue dan Roti

“Mari kita sukseskan Sensus Ekonomi tahun 2016 ini,   karena ini sangat menentukan.  Jika kita ma­sya­rakat salah memberikan data  akan berimbas pada pembangunan Pasbar ke depan,” kata Bupati.

Katanya, Sensus eko­nomi  bertujuan meng­ha­sil­kan data yang sangat pen­ting bagi pembangunan, juga sebagai dasar peren­canaan ekonomi. Menge­tahui potensi ekono­mi se­tiap sektor usaha.

Baca Juga : Rusma Yul Anwar: Pembangunan Harus Terukur

Bagi dunia usaha,  sen­sus ekonomi sangat ber­manfaat terutama sebagai perencanaan pengem­ba­ngan usaha dan penentuan pangsa pasar ataupun po­tensi pasar itu sendiri.

Lebih lanjut disam­pai­kan, enam minggu ke depan akan diadakan kegiatan berskala Nasional yaitu Sen­sus Ekonomi 2016 yang dil­lak­sanakan serentak di se­luruh Wilayah Republik Indonesia mulai 1 s/d 31 Mei 20016. Akan dilakukan pen­dataan lapangan seluruh kegiatan ekonomi di sektor pertanian.

Baca Juga : PKKM Sumbar 2020, Sembilan Kepala Madrasah Agam Masuk 10 Besar

Kata Syahiran, sensus ini penting disukseskan. Pemda akan mendukung sepe­nuh­nya kerja Badan Pusat Sta­tistik (BPS) dilapangan da­lam rangka pelaksanaan sensus.

Hal ini ujarnya, untuk mengetahui perkembangan suatu daerah, dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan ekonomi dapat diketahui melalui kegiatan sensus ekonomi.

Baca Juga : DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya meng­harapkan agar para peserta lebih pro aktif dalam kegia­tan ini. Sehingga hasil sensus ekonomi 2016, benar-benar dapat memberikan gam­baran yang menyeluruh ten­tang struktur perekono­mian daerah,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BPS Perwakilan Pasbar,  Hendro Seprita Deza menjelaskan pelaksanaan SE 2016 dimu­lai pada 1 hingga 31 Mei 2016 mendatang bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar se­luruh kegiatan ekonomi (kecuali pertanian) sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Di samping itu, sam­bungnya, terkait dukungan dari Instansi Pemerintah, sensus ini tentunya me­mer­lukan dukungan penuh ma­sya­rakat dan media massa.

Dukungan ini penting untuk membantu mem­beri­kan keterangan yang ber­kaitan dengan pengambilan data untuk sensus ekonomi ini.

Keberhasilan sensus eko­nomi tahun 2016 nanti bukan hanya menjadi tang­gung jawab Badan Pusat Statistik, tetapi untuk ke­pen­tingan seluruh elemen. Suksesnya pelaksanaan Sen­sus nanti akan sangat ber­gantung pada dukungan dan peran serta masyarakat ter­masuk para pengusaha.

SE 2016 tidak ber­hu­bungan dengan pajak dan tidak dipungut biaya (gra­tis), rahasia data dilindungi UU No 16 tahun 1997 ten­tang Statistik dengan hara­pan agar pengusaha/anggota himpunan/asosiasinya me­ne­rima dan memberikan informasi yang benar kepa­da petugas. (h/dka)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]