Bupati dan SKPD Kunker ke X Koto


Kamis, 24 Maret 2016 - 03:38:56 WIB
Bupati dan SKPD Kunker ke X Koto

BATUSANGKAR, HA­LU­AN Bupati Irdinansyah yang didampingi oleh se­lu­ruh kepala Satuan Kerja Pe­rangkat Daerah (SK­PD) di lingkungan Kab. Tanah Datar mela­ksa­na­kan kun­jungan kerja dan mus­ren­bang di Keca­ma­tan X Ko­to. Kunjungan ini meru­pa­kan rangkaian Kug­ker dan Mus­renbang ke - 10 ta­hun 2016 di Aula Kantor Ca­mat X Koto, Selasa (22/3).

“Kami juga manusia biasa” itu ung­kapan Bupati Irdinansyah pada salah satu poin sambutannya, ung­kapan itu bukanlah sebuah ungkapan pembela diri atau ung­kapan kekecewaan namun sebuah per­nyataan sikap serta permintaan dari kepala daerah agar seluruh lapisan masyarakat dapat memberikan sumbangsih saran serta kritikan kepada pemerintah daerah.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Kok hanyuik tolong dipinteh, kok karam tolong disilami mari buang segala perbedaan mari kita ba­ngun Tanah Datar ke de­pan seca­ra bahu mem­ba­hu, demi untuk kema­juan bersama,” ungkap Kepala Daerah.

Menyikapi Musrenbang kali ini kepala daerah me­nyampaikan beberapa poin penting di antaranya 4 skala prioritas pembangunan Tanah Datar yang terdiri dari pembangunan sumber daya manusia yang meliputi sektor agama, pendidikan dan kesehatan, pem­bangunan pertanian, pari­wisata dan pelayanan Pub­lik.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pemerintah daerah juga akan segera mengesahkan anggaran untuk nagari pa­da awal Juni selambat-lambatnya akhir Juli se­hingga dapat direalisasikan di masing - masing nagari pada tahun 2016 ini.

Bupati juga me­nyam­paikan bahwa dana yang berasal dari APBN untuk masing - masing nagari berdasarkan peraturan pe­merintah pusat, realisasi anggaran tersebut paling sedikit 70% untuk pem­bangunan fisik di masing-masing nagari dan 30% semaksimalnya untuk pem­berdayaan masyarakat di nagari.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Menyikapi peraturan tersebut peme­rintah dae­rah akan membuat aturan bah­wa  masing-masing na­gari harus merea­lisasikan 30% dana APBN tersebut untuk pemberdayaan ma­syarakat menyikapi kondisi masyarakat yang telah ter­kon­taminasi dengan hal-hal negatif seperti narkotika dan penyakit masyarakat lainnya.

Sebelum kepala daerah membuka secara resmi Mus­renbang Kec. X Koto, Camat Herison berke­sem­patan untuk menyam­pai­kan kondisi dan potensi X Koto. (h/emz)

Baca Juga : Walinagari Mengalihkan Bantuan untuk Siswa Korban Banjir Solsel, Kepsek: Kami Tidak Tahu

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]