Bundo Kanduang Gelar Pertemuan Bulanan


Kamis, 24 Maret 2016 - 03:42:15 WIB
Bundo Kanduang Gelar Pertemuan Bulanan

BUKITTINGGI, HALUAN — Bundo Kan­duang di Minangkabau memiliki peran yang sangat strategis disegala bidang, terutama dalam melahirkan generasi muda masa depan yang memahami dan menjalankan Adat Basandi Syarak, Sayarak Basandi Kitabullah (ABSSBK) ditengah ma­syarakat.

Dengan kemajuan zaman dan arus globalisasi saat ini membuat tugas dan beban Bundo Kanduang ditengah masya­rakat minang makin berat. Bundo Kanduang harus berada didepan dalam membentengi anak sekaligus memelihara adat dan budaya Minangkabau.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

“Peranan Bundo Kanduang sangat strategis dan penting ditengah tengah masyarakat. Bundo Kanduang juga sangat menentukan maju mundurnya Kota ini. Apalagi antara Bundo Kanduang Dan LKAAM adalah adat sabatang panjang,” ujar Walikota Bukittinggi Ramlan Nur­matias pada kegiatan Pertemuan Bulanan Bundo Kanduang Tingkat Kota Bukittingi, Rabu (23/03).

Menurut Ramlan, saat ini  peranan Bundo Kanduang bukan hanya soal adat dan budaya saja, tapi juga termasuk dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Harus ada ide ide usaha peningkatan ekonomi keluarga oleh Bundo Kanduang. Harus ada sumbangan pemikiran demi masa depan anak cucu.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Termasuk juga harus bisa menunjang pariwisata di Bukittinggi. Karena itu Bundo Kanduang adalah tiang penyangga kota Bukittinggi.

“Tanpa peranan Bundo Kanduang, Kota yang kita cintai ini bisa lumpuh,” ungkap Ramlan.  (h/tot)

Baca Juga : Mengenal M. Irfan Monaf dan Rihhadatul Aisya Yube, Pemenang Duta GenRe Solsel 2021

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]