Bukittinggi Butuh Mobil Tangga Damkar


Kamis, 24 Maret 2016 - 03:49:32 WIB
Bukittinggi Butuh Mobil Tangga Damkar

BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bukittinggi hing­ga saat ini belum memiliki mobil pemadam kebakaran (damkar) yang dilengkapi dengan fasilitas tangga. Keberadaan mobil tangga damkar tersebut sangat di­butuhkan, mengingat saat ini banyak bangunan ber­tingkat di Kota Bu­kittinggi.

Pasalnya, Jika terjadi kebakaran di gedung atau bangunan bertingkat yang lebih tinggi maka akan me­nyulitkan bagi tim pema­dam kebakaran dalam me­la­ku­kan pemadaman api di ge­dung bertingkat tersebut. Oleh sebab itu Pemko sa­ngat butuh mobil tangga damkar tersebut.

Baca Juga : Mantap! PNS di Agam Tanam Tomat Impor dengan Sistem Hidroponik

“Selama ini kalau ada terjadi kebakaran di ge­dung yang tinggi atau per­kan­toran sulit dijangkau oleh mobil pemadam ke­bakaraan yang ada seka­rang. Untuk itu dibutuhkan mobil tangga damkar,” ujar Ramlan Nur­matias usai menyaksikan proses simu­lasi pemadam kebakaran di Lapangan Kan­tin Bu­kit­tinggi, Senin (21/3).

Dikatakannya, saat ini ada empat armada damkar Bukittinggi, dari 4 unit dam­kar itu ada diantaranya yang telah berusia tua dan belum memiliki fasilitas tangga lipat yang otomatis, dan hanya baru sebatas tangga manual. “Kalau tangga ma­nual itukan lama bukanya dan mem­butuh­kan waktu sehingga ber­dampak dalam menye­la­matkan korban,” ujar Raml­an.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Diskusikan Persoalan Layanan Komunikasi dan Internet dengan Masyarakat Tandikek Barat

Menurut Ramlan, de­ngan adanya mobil tangga ini nantinya bisa berfungsi bagi petugas untuk me­nyem­protkan api dari ke­tinggian, serta bisa juga berfungsi untuk me­nge­va­kuasi korban yang berada di ketinggian. Apalagi saat ini, ada bangunan berlantai de­lapan di Kota Bu­kit­tinggi, yang berkemung­kinan nan­tinya akan me­nyu­litkan pe­tugas mema­damkan api dan meng­evakuasi korban jika terjadi kebekaran pada lan­tai pa­ling atas.

“Kita akan cek, apakah akan ada pengadaan arma­da  untuk damkar atau ti­daknya tahun ini. Yang jelas, untuk mobil tua damkar yang ada saat ini pastinya akan diatasi,” kata Ramlan.

Baca Juga : SDG’S Desa Dikupas Leonardy di Tandikek Barat

Ramlan juga mengi­ngin­kan kedepannya su­paya ar­mada damkar tidak hanya mangkal pada satu titik dipusat kota saja, tapi juga harus berada di lokasi titik lainnya. Oleh karena itu, ia berencana untuk menem­patkan ar­mada pe­madam kebakaran di tiga keca­ma­tan yang ada di Kota Bu­kittinggi.

“Kalau saat hari libur, kan macet. Jika ada keba­karan gimana. Makanya saya punya rencana akan menempatkan armada mo­bil damkar di setiap keca­matan. Nanti akan dicari tempat yang paling stra­tegis untuk armada damkar itu,” jelas Ramlan.

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

Sementara Kepala BP­BD Bukittingi Daspul ber­harap agar Pemko Bu­kit­tinggi bisa menambah jum­lah kendaaraan opera­sio­nal Damkar, mengi­ngat saat ini kendaraan ope­rasional Dam­kar Kota Bu­kittinggi berjumlah 4 buah. Dari jumlah kenda­raan itu belum ada yang memiliki fasilitas tangga otomatis hanya baru tangga manual. (h/tot)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]