Belum Ada Manusia Terjangkit Flu Burung


Kamis, 24 Maret 2016 - 04:01:55 WIB
Belum Ada Manusia Terjangkit Flu Burung

JAKARTA, HALUAN — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus memantau daerah-daerah untuk mewaspadai per­sebaran virus flu burung. Itu menyusul kasus kematian mendadak 20 ekor unggas di bilangan Cilandak Barat, Jakarta, sepekan lalu.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi, Kemenkes bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan semua pemerintah daerah (pemda). Sejak awal tahun ini, kata dia, belum ada laporan mengenai kasus virus flu burung yang menjangkiti manusia.

Baca Juga : Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Resmi Ditutup

“Antisipasinya, terkait dengan ke manu­sia. Laporan tentang (virus flu burung) terinfeksi ke manusia belum ada. Memang, di tahun-tahun sebelumnya ada. Tapi tahun ini, belum ada laporannya,” ucap Oscar Primadi saat dihubungi, Selasa (22/3).

Dia menuturkan, berdasarkan data Kemenkes dari 2006 hingga 2015, ada 15 provinsi yang melaporkan kasus flu burung yang menjangkiti manusia. Di antaranya, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sumatra Utara. Kemudian, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Bengkulu, Lampung, Sulawesi Se­latan, dan Bali. 

Baca Juga : Dua Bulan Kaesang Ghosting, Felicia Tissue Dapat Dukungan dari Orang Terdekat

“Upaya kita jelas melibatkan sektor terkait, Kementerian Pertanian, pemda-pemda. Penularan ini (virus flu burung) kan masih melalui unggas hingga saat ini. Yang ke manusia itu belum ditemukan penu­larannya, yang terbaru.”

Kemenkes, melalui dinas-dinas kese­hatan dan puskesmas di setiap provinsi, terus aktif melakukan penyuluhan terkait perilaku hidup sehat. Oscar menekankan, setiap orang yang melakukan kontak dengan unggas disarankan untuk cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Kemudian, disarankan memakai pelindung agar tidak bersentuhan langsung dengan unggas, telur, atau kotoran unggas. (h/rol)

Baca Juga : Begini Peringatan Ngabalin ke Andi Mallarangeng soal 'Moeldoko Dapat Izin Jokowi'

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]