Baru 20 Koperasi Laksanakan RAT di Padang Pariaman


Kamis, 24 Maret 2016 - 04:05:45 WIB
Baru 20 Koperasi Laksanakan RAT di Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Dari 250 koperasi yang berbadan hukum di Pa­dang Pariaman, hanya 170 koperasi yang aktif. Dari koperasi yang aktif tersebut, baru 20 koperasi yang telah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Tahun lalu hanya 50 koperasi yang me­laksanakan RAT.

 “Menyedihkan memang. Itulah kenyataannya. Target kami hingga akhir April 2016, 60 koperasi sudah melak­sanakan RAT,” kata Yuli­darmen, Kepala Bidang Ko­pe­rasi di Dinas Koperindag dan Sumber Daya Mineral Padang Pariaman, dalam RAT KPN Guru SD Keca­matan Batang Anai, di SD 01 Batang Anai, Sabtu (19/3).

Baca Juga : Bunga Bank Masih Saja Tinggi padahal Bunga Acuan BI Turun Banyak, Ini Penyebabnya

Sesuai dengan Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi,  setiap koperasi wajib melaksanakan RAT setiap tahun. Oleh kare­na itu, kata Yulidarmen, pi­hak­nya sudah mengingatkan koperasi di Padang Pariaman melalui surat edaran agar segera melaksanakan RAT.

Menurut Yulidarmen, RAT sangat penting. Dalam RAT, pengurus me­nyam­pai­kan laporan pertang­gung­jawabannya. RAT juga men­jadi ajang diskusi, evaluasi serta membahas berbagai persoalan untuk dicarikan solusinya, bukan untuk men­cari-cari kesalahan pengurus. “Koperasi dibahas bersama-sama untuk kepentingan ber­sa­ma pula. Itulah hebatnya de­mokrasi koperasi,” tegas­nya.

Baca Juga : Pukul 10.00 WIB: Rupiah Balik Melemah ke Rp Rp 14.295/US$

Selain itu, ucap Yuli­dar­men, koperasi simpan pinjam wajib memiliki izin, sesuai dengan instruksi kementrian koperasi dan UKM. Hingga kini, baru sekitar 40 koperasi yang sudah dikeluarkan izin­nya disertai dengan pem­be­rian sertifikat, termasuk KPN Guru SD Kecamatan Batang Anai yang dinilai mem­pe­ro­leh predikat “Cukup Sehat”.

RAT KPN Guru SD Ke­ca­matan Batang Anai yang dipimpin Wakil Ketua Ar­maini, juga dihadiri Muspika setempat. RAT itu disambut hangat oleh anggota yang berjumlah 322 orang, sehing­ga semua kursi terisi penuh. Sebagian anggota bahkan rela mengikuti acara di luar rua­ngan. Laporan keuangan lebih detail disampaikan oleh ben­dahara Zirnawati.

Baca Juga : Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal Marak, Satgas Waspada Investasi Ajak Masyarakat Bijak

Sebelum laporan per­tang­gung­jawaban pengurus dite­rima, suasana sempat panas tatkala berbagai pertanyaan dan kritikan tajam dari ang­gota, baik yang ditujukan kepada pengurus maupun ke badan pengawas. Suasana kembali kondusif setelah pengurus dan Sufrizal me­wakili badan pengawas mem­berikan penjelasan.

Pada akhir acara dilak­sanakan undian hadiah, se­hing­ga suasana makin meriah dan bertabur hadiah. Acara diakhiri dengan makan siang bersama. “Perut kenyang, pulang membawa hadiah pula. Enak jadi anggota kope­rasi,” ujar seorang anggota.

Baca Juga : Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj  Diangkat jadi Komut PT KAI

Koperasi yang dibentuk pada 1 September 1991 itu, menjalankan usaha unit sim­pan pinjam dan pertokoan. Hingga akhir 2015, kekayaan bersih mencapai Rp5,62 mi­liar, memiliki kantor per­manen berlantai dua yang berukuran 8x12 meter, dan SHU sebesar Rp259,4 juta lebih. (h/rb)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]